Sunday, August 25, 2013

Baturaden - Nusa Kambangan (Part 3 : Pancuran Pitu)

Pancuran Pitu : Lelah tapi Indah Cuyy...

Dari Pancuran Telu, kami memutuskan untuk menuju ke lokasi berikutnya yaitu Pancuran Pitu. Kami akhirnya bertanya kepada penjaga yang ada di Pancuran Telu, ternyata jawabannya “Pancuran telu tinggal naik aja lagi, tapi masih jauh sekitar 2km.”

Huhh.. Berhubung udah terlanjur cape naik ke Pancuran Telu, masa sih kita ngga lanjut ke lokasi tujuan kita yang lain. Yahh, akhirnya kami semua memutuskan untuk terus lanjut..

Hahh.. Hahhh.. Hahhhhh.. Aje gileee.. ternyata 2km menanjak tuh berasa jauhhhh n cape banget yahh.. udah gitu ngga ada lagi selain kami bertiga yang jalan ke pancuran pitu. Omigottttt.. Agak serem juga, tapi untungnya petunjuk jalannya lumayan jelas, jadi ngga mungkin kesasar deh kayanya. Hehe..

Kalau buat saya sih perjalanan menanjak dan jauh begitu sangat menantang, makin lama kerasanya makin asik.. Malah waktu itu mikirnya “wahh bakalan kurus nih kalau gini caranya.” Hahaha.. Tapi buat Iis dan Christy sih keliatannya lumayan jadi beban. Apalagi si Christy, dia sih paling parah.. Di sepanjang perjalanan, pasti posisinya paling terakhir. Hahaha.. Liat nih tampangnya..
liat dehh tampangnya.. hahaha...

*Oya, waktu itu juga kami tanya kalau ke Pancuran Pitu ternyata butuh waktu sekitar 1jam jalan kaki. Tentunya kalau ngga pake berenti-berenti yaa..

Medan yang kami lalui untuk mencapai Pancuran Pitu ngga semudah waktu kami menuju Pancuran Telu. Untuk menuju Pancuran Pitu medannya agak sulit. Memang ada beberapa lokasi menanjak yang sudah di bikin anak-anak tangga gitu, tapi ada juga yang belum ada anak tangganya dan hanya berupa jalan tanah yang agak licin atau musti melewati jalanan aspal yang berlubang-lubang + tentunya ngga lupa nanjak terusss..

Begitu sampai di Pancuran Pitu yang berasa tuh kaki pegel, keringetan, badan cape, punggung pegel karena bawa tas ransel yang isinya ransum (yang akhirnya ngga dimakan) *Kayanya waktu itu berasa abis di ospek  dehh.. Hahaha..

*Ngga lupa juga begitu mau masuk ke Pancuran Pitu ada loketnya dan seperti biasa harus bayar Rp. 7.500 buat masuk kesana.

Eittttss.. Jangan salah dulu.. Begitu beli tiket di loket bukan berarti udah sampai di Pancuran Pitunya loh yaa.. Masih ada jalanan menanjak dan menurun kurang lebih 300meter. Hahaha.. Ga usah ditanya n dijelasin lagi, yang berasa ya itu dia CAPEEEEE…

Setelah perjalanan panjang dan melelahkan sampailah kita di lokasi Pancuran Pitu yang sebenarnya.

Tapi ternyataaa, dilihat dari jauh aja Pancuran Pitu lebih indah dari yang dibayangkan, jangan dibandingin juga deh dengan Pancuran Telu. Pancuran Pitu pokoknya lebih wowww..

Oya, begitu masuk ke Pancuran Pitu juga ada banyak yang menawarkan jasa lulur dan pijit. Berhubung kakinya pegel banget, jadi saya dan Christy memutuskan untuk mau di lulur + pijit kaki dan tangan. Haha.. Asik banget deh pokoknya..
pijitan si mba ini mantep banget dehh..

*Untuk pijit+lulur tangan dan kaki, cukup mengeluarkan uang Rp. 15.000 saja.. Penting diketahui (ciye.. ciye..) lulurannya itu menggunakan bubuk belerang yang warnanya mirip banget sama bubuk kunyit (dijual juga kok.. harganya Rp. 10.000/4bungkus), waktu di lulur kaki dan tangan kita dicuci menggunakan air yang mengalir dari sumber di pancuran pitu yang puanassss bangetttt.. Pokoknya kalau ada yang ga teriak begitu masukin kaki atau tangannya kesana hebat dehh.. Haha..

Hasil setelah luluran beneran keliatan banget, kaki n tangan kita jadi terlihat lebih bening, putih dan halus.. Beneran lohhh, ngga bohong..

Di Pancuran Pitu bukan cuma ada sumber mata air yang 7 biji itu aja loh, di pinggir-pinggirnya juga ada banyak kolam-kolam kecil yang sumbernya dari ke-7 pancuran itu. Selain itu juga ada air terjun mini dan gundukan batuan sulfur yang dialiri air panas dari Pancuran Pitu.

Ssstttt.. tunggu dulu, keindahan Pancuran Pitu ngga cuma sampai situ aja. Kalau kita jalan lagi n bersusah-susah sedikit (kurang lebih 50meter) berjalan kaki yang juga naik turun, kita dapat menemukan sebuah Goa yang kerennya minta ampunn, ngga percaya, liat aja..
keren yahhh.. warnanya hampir keemasan gitu..

Ngga kebayang n ngga terlalu ngeharapin deh sebenernya kalau di lokasi Pancuran Pitu itu juga ada Goa yang bisa di bilang lebih keren daripada bentuk Pancuran Pitunya. Malah ada wisatawan yang kebetulan jalan bersama menuju goa bilang “Wah, kenapa yah malah Pancuran Pitu yang dijadiin lokasi wisata utamanya, kenapa ngga Goa ini aja yang di jadiin lokasi wisata utama di Batuaden?”

Tapi kalau dipikir kenapa Pancuran Pitu jadi lokasi wisata utama, menurut saya sih karena air yang mengalir di Goa itu sumber mata airnya yah tetep dari Pancuran Pitu. Jadi wajar banget kalau Pancuran Pitu tetep jadi lokasi wisata utama.

Oya, pulangnya dari Pancuran Pitu, ngga lupa kita tetep harus jalan ke loket Pancuran Pitu yang berjarak 300meter itu. Ha..Ha.. Ha..(ketawa miris).

Tapi untungnya untuk pulang menuju Terminal Baturaden kita ngga perlu jalan balik 2km lagi. Horeee… ternyata ada angkutan umum yang mengangkut untuk pulang dengan membayar Rp. 10.000/orang.
*Memang menyedihkan kita ngga tau kalau untuk menuju Pancuran Pitu itu sebetulnya tidak perlu jalan kaki dan berlelah-lelah, cukup naik angkot dari Terminal Baturaden, bayar Rp. 7.500-10.000, sampe dehh di Pancuran Pitu.

Tapi buat orang-orang yang kurang info kayak kami, hal itu ngga terlalu masalah kokkkkkkkk, kan bisa menikmati pemandangan hutan, olahraga n nurunin berat badan juga. Ambil hikmahnya aja.. *padahal pembenaran.com
Begitu tiba di Terminal Baturaden sebetulnya kami bertiga bingung apa lebih baik kita istirahat ke hotel atau lanjut main lagi. Soalnya waktu itu baru menunjukkan pukul 15.00.

Yoiii.. Mau tidur juga masih pagi banget itu sihh.. Malu lah sama bantal n kasur.. Jadi kami memutuskan masuk lagi ke Lokawisata Baturaden (jadi buat yang udah pernah beli tiket, di hari yang sama boleh masuk berapa kalipun).. *Ngga mau rugi juga sihh sebenernya. Haha..

Disana kami semua lanjut menjelajah lokwisata yang belum terlewati.
*Karena tematnya memang luas banget, jadi berasa ngga ada abisnya dehh..
Sebelumya untuk melihat cascade, Pancuran Telu dan Pancuran Pitu kami menjelajah kearah kiri (dari pintu masuk). Sekarang kami menjelajah kearah kanan, dan ternyata disana ada juga banyak wahananya.. Diantaranya kolam renang (mirip waterboom mini) dan sepeda roda 4..

Yup, kami semua memutuskan untuk mencoba sepeda roda 4 yang bentuknya mirip mobil + setir pula.. harganya juga sangat murah, hanya Rp. 3.000 untuk 3 putaran (ada trek aspalnya), tapi akhirnya kami dikasih 4 putaran.. Lumayan daripada lumanyun.. Haha..
sepeda roda 4, ayo kita balapannn..

Setelah itu kami melewati jembatan gantung yang ternyata sudah diganti dengan jembatan beton, dan mengelilingi Lokawisata, lanjut menyebrang melewati jembatan batu untuk kemudian kami pulang melalui loket utama.selanjutnya kami makan di RM Anna Sari yang ngga jauh dari terminal, dan.. fiuhhh akhirnya selesai juga.. Hihi…

Selesai apanya?

Ya jalan-jalan capenya di Baturaden, ya ceritanya juga. Hahaha..

*Kami tiba di hotel sekitar pukul 5 sore, mandi ngobrol sebentar dannn pukul setengah 7 kami semua udah ngga kuat lagi dan langsung tidur nyenyak yang ga berasa apa-apa sampai pagi. ZzzzZzzz…….