Sunday, August 25, 2013

Baturaden - Nusa Kambangan (Part 1)

Perjalanan KA Ekonomi ke Kroya



Siapa bilang kalau wisata seru harus ke luar negeri?

Kenapa? Karena wisata di dalam negeri itu juga sama serunya kok! Ini buktinya..

Baca aja yaa..
Tanggal 19 Agustus 2013 kemarin saya, Iis dan seorang saudara sepupu (Christy namanya) pergi ke kota Cilacap dan sekitarnya.. Jalan-jalan kali ini sih sebetulnya rencana dadakan dari Iis yang ngajak untuk jalan-jalan dalam rangka liburan lebaran. Tapi berhubung kalau berangkat wisata pas liburan kayaknya ngga akan terlalu asik, karena tempat wisata bakalan penuh dan pasti segalanya jadi mahal.

Jadi kami memutuskan untuk berangkat pada tanggal itu karena merupakan minggu terakhir liburan yang panjaaanggg, harapannya sih supaya yang pada liburan pas lebaran udah pada pulang dan kita baru berangkat. Hehe..

Seperti rencana perjalanan yang sudah saya buat sebelumnya, kami berangkat dari Bandung ke Cilacap melalui Stasiun Kereta Api Kiaracondong..
*Waktu beli tiket (berhubung udah dapet bocoran dari salah satu kenalan papa di Cilacap), kita udah tau kalau mau ke Cilacap Naik KA tidak bisa turun langsung di Kota Cilacapnya, tapi harus turun di Kroya (masih di Kabupaten Cilacap).

Singkat cerita, akhirnya kami beli tiket Kereta Ekonomi (Kutojaya Selatan) jurusan Kiaracondong-Kroya yang berangkat pukul 21.10 dengan harga yang sangatt murah Rp. 50.000..

Waktu itu kami tiba di Stasiun KA Kiaracondong sekitar setengah jam sebelum keberangkatan Kereta Api, benar saja ternyata Stasiunnya udah penuh.. Banyak banget penumpang Kereta Api yang mengantri untuk masuk.
*Oya, saat ini tidak hanya kereta bisnis dan eksekutif saja yang penumpangnya perlu menunjukkan kartu identitas, tapi penumpang kereta ekonomi saat pun harus menunjukkan kartu identitas (seperti KTP, SIM dll), dan nantinya tiket yang telah kita beli akan dicap dengan tanda “sudah diperiksa”. Setelah itu baru deh kami semua mencari gerbong dan tempat duduk yang sudah ditentukan.

Kereta Api ekonomi sekarang ini enak banget. Bener deh.. Soalnya saat ini semua Kereta Api, termasuk yang ekonomi semuanya pakai AC.. Huhuuuyyy dingin euyy..

Kami bertiga duduk di kursi untuk 4 orang (2 orang saling berhadapan).. kursinya lumayan enak, berupa sofa tipis gitu.. Tapiii ternyata enaknya itu cuma berlangsung buat 2 jam pertama aja.. haha.. Selanjutnya nih punggung rasanya pegel bangettt.. Kayanya senderannya kurang pas deh..

Tapi yah mau ngga mau dijalanin aja deh.. Walaupun di kereta, maunya dibawa tidur juga ga bisa.. Hiksss.. Soalnya di dalem kereta banyak banget penumpang yang bertelepon ria, anak kecil nangis, ada juga yang udah ketiduran, ngorok pula + yang lainnya ada ngedengerin musik campuran dangdut n keroncong jawa gituhh..

Yahh, kita dikereta paling pejem-pejemin mata kaya tidur ayam gitu.. Saya kayanya bangun setiap 10-15menit sekali deh.. Haduhh sengsara.. Haha.. (baru bisa ketawa setelah sampe di rumah)..
Setelah bla bla bla blaaaaa yang panjang dan agak-agak sengsara di kereta tibalah saatnya saya turun dari kereta karena pada pukul 03.11 kami semua sudah tiba di Stasiun Kroya..

Wuihhhh.. Hari masih gelap.. Cuma ada beberapa gelintir orang aja.. Tapi untung ada agenda Sholat Subuh buat Iis, jadi kami semua langsung meuju Mushola yang ga jauh dari pinggir rel kereta. Disana kami menunggu sampai kurang lebih pukul 04.15, lalu terdengarlah adzan sebagai tanda untuk Iis dan yang lainnya untuk Sholat.  

Sekitar pukul 04.40, setelah Iis sholat, kami semua menuju jalan raya, waktu itu kami sempat tanya ke petugas yang ada disana, ternyata katanya sih kalau mau ke jalan raya ngga perlu keluar dari stasiun, cukup jalan menyusuri rel KA, maka kami akan menemukan jalan raya.
Jadilah kami sambil membawa barang bawaan menyusuri rel KA yang ternyata lumayan jauh juga, kurang lebih 300 meter lahh..

Begitu sampai di jalan raya, ternyata sudah ada mikrobus menuju Purwokerto yang akan segera berangkat (karena tujuan kami yang pertama adalah kawasan lokawisata Baturaden). Haha.. Pas banget.. Kirain jam segitu belum ada angkutan umum yang lewat.. Hehehe..

Dan waktu itu ternyata kami adalah 3 orang pertama yang naik ke mikrobus..

Sekitar 1,5 jam dari Kroya dengan perjalanan yang cukup menanjak ke kota Purwokerto, tibalah kami di Terminal Bus Purwokerto, disana kami diarahkan naik angkot D1 (warna oranye) untuk menuju ke Jalan Jenderal Sudirman dengan harga Rp. 3.000.. Untuk beli titipan kakak saya yaitu keremes ayam yang katanya sih adanya di RM Niki Sae. Tapi berhubung waktu baru menunjukkan sekitar pukul 07.15 semua toko yang ada disana masih pada tutup..

Huaaaa.. Jadinya kami malah luntang lantung di Jl. Jend. Sudirman sambil bawa tas dan koper masing-masing sambil diliatin orang-orang yang lagi olahraga pagi.. Maluuu.. Hahaha…

Sambil cari-cari RM Niki Sae yang dimaksud, kita semua akhirnya nemuin supermarket yang masih tutup + satpam yang jagain.. Yah daripada luntang lantung ngga jelas, kami bertiga akhirnya ngedeketin bapak satpam yang jaga sambil cari informasi RM Niki Sae, kebetulan disana ada banyak kursi (mungkin bekas jaga malem).. Tapi apa mau dikata.. Katanya semua toko yang ada disana baru mulai buka jam 9, kami jadinya ngobrol ama pak satpam yang baik hati sampai sekitar jam 8an..

Karena lama-lama ngga sabar juga nunggu sampai jam 9 dan si Bapaknya ngga tau RM Niki Sae dimana, akhirnya saya dan Iis memutuskan untuk mencari lagi di sekitar jalan sana. Setelah berjalan cukup jauh dan tanya-tanya ke orang sekitar, ternyataaa.. si RM Niki Sae yang di maksud udah tutup dongggg..  APAHHH?? TUTUP?!  TIDAAKKKKKKKK!!!!

Padahal kan udah cape-cape nunggu.. Hiksss..

Ya udah akhirnya dengan “semangat 45” plus informasi dari Pak Satpam cara menuju Baturaden, kami melanjutkan pengembaraan kami. 
Info dari pak satpam, kalau dari Jalan Jenderal Sudirman ngga ada angkot menuju Baturaden, jadi kami harus jalan dulu sampai lampu merah pertama yang lumayan jauh.. Baru, setelah itu naik angkot menuju Kebon Dalem, lalu naik angkot lagi menuju Baturaden. *lumayan ribet buat yang belum tidur semalaman kayak kami..

Sesampainya di lampu merah, kami langsung berniat cegat angkot yang akan lewat Kebon Dalem.. bener aja, ngga lama angkot yang dimaksud datang juga.. Haha.. Penderitaan hampir selesai, karena kami ngga perlu angkat-angkat tas+koper lagi pikir saya..
Begitu saya cegat angkotnya dan tanya “Pa, ke Kebon Dalem?” eeh.. si bapaknya ngejawab “Kebon Dalem deket, jalan kaki aja.” Wew weww wewww.. Dia ngga mau angkat kita donggg.. KURANG AJARRR!!
Akhirnya dengan keringat dan air mata kita jalan ke Kebon Dalem yang ternyata ngga deket-deket amat.. Capedehhhhh..


Begitu sampai di Kebon Dalem, kita akhirnya bisa naik angkot warna hijau yang langsung menuju ke Baturaden (untuk mencapai Baturaden dari Kebon Dalem harganya Rp. 7.500).. Haha.. Lumayan kaki dan tangan guwe bisa istirahat barang 45menit. Hihi..

No comments:

Post a Comment