Monday, July 15, 2013

LAMPION DAN BERAGAM KESENIAN DI FESTIVAL BUDAYA PURWAKARTA

“KEMILAU CAHAYA – PURWAKARTA ISTIMEWA”



Dari dulu rasanya saya ngga pernah deh ngerayain hari jadi Kota Purwakarta dehh.. Apalagi sampe ada perayaan besar-besaran. Haha..

Ngebayanginnya aja ngga pernah..

Yah, setahun sekali kalau 17 Agustus-an suka ada sih drum band yang lewat sama pawai obor yang kalau di itung-itung paling cuma 50orang. Hehe..
*Inget deh kalau dulu ada drum band lewat, kita semua seisi rumah lari-lari ke luar buat nonton.. tapi, kalau telat bentar aja, pasti bakalan kelewat.. hehe.. maklum, kan pawainya sedikit banget.. (jadi, kalau ada yang mau pipis tahan dulu aja bentar, daripada pawainya kelewat.. hehe..)

Kalau sekarang, Purwakarta bener-bener berubah.. udah ngga jadi kota yang malu-malu n pendiem lagi. Sekarang Purwakarta udah berani menunjukkan kecantikannya.. bukan hanyakepada kota-kota lannya di Indonesia, tapi juga berani mempromosikan budaya Indonesia kepada masyarakat internasional.

Gimana ngga..

Belum lama ini, tepatnya tanggal 29 Juni 2013 Kota Purwakarta merayakan hari jadinya yang ke-182 dan hari jadi Kabupaten Purwakarta yang ke-45.

Untuk merayakan HUT-nya, Purwakarta mengadakan festival budaya, bisa dibilang secara besar-besaran.
Festival budaya Purwakarta ini sebelumnya sudah mulai dipromosikan melalui media cetak maupun media elektronik secara berkala..

Begitu saya tahu kalau Purwakarta akan mengadakan festival budaya, wahhh.. bener deh hati saya senang banget..

Soalnya waktu saya dapet kabar dari saudara di Purwakarta, katanya bakalan ada pawai lampion sebanyak ±50.000 orang yang bawa, pawai kebudayaan Indonesia dan Asia Tenggara dan pelepasan 5.000 lampion terbang.. WOWWW…
Jelas aja saya agak ngga sabar nunggu festival itu. Karena 1 bulan sebelum festival besar itu, karena ternyata selama 1 bulan sebelum acara besar itu, ada acara-acara lain setiap minggunya yang tidak bisa saya ikuti.. agak sebel sihh, tapi apa mau dikata, karena pekerjaan saya di Bandung waktu itu juga sama pentingnya.

Ternyata dari brosur yang saya baca 3 hari sebelum festival besar, tiap minggu acaranya keren banget.. minggu pertamanya ada Pagelaran kesenian dari 9 sanggar seni yang ada di Purwakarta, minggu keduanya ada panggung tatar sunda dan Cirebonan, Minggu ketiga sebelum festival besar ada panggung nusantara (ada perutusan dari 9 provinsi di Indonesia).. woowww… dan semua itu saya lewatkan.. hikssss..

Tapi ngga apa-apa lah, kan masih ada festival yang lebih besar.. hahaha..

Waktu itu, juga ada 1 orang teman saya dari Bandung yang ikut menonton festival kemilau cahaya. Masih inget kan sama teman saya yang namanya Lele? (kalau baca trip ke Yogya pasti pada tau.. hehe..)

Lele datang pada saat hari festival di mulai, tepatnya hari sabtu, sekitar pukul 14.00.. beneran deh waktu itu jalanan udah sepi abiss.. soalnya jalanan udah harus di kosongin dari jam 15.00an..

Festival sudah akan dimulai pukul 20.00, jadi waktu itu saya isi waktu dengan ngobrol dan makan.. hehe..
Sekitar pukul 19.30, saya, Lele dan saudara-saudara saya waktu itu memutuskan untuk jalan mendekati pusat keramaian.. tepatnya di Pasar juma’ah (kalau dulu namanya BIG), pusat perbelanjaan di Purwakarta. 

Jaraknya cukup dekat, sekitar 300meter dari rumah saya..

Ternyata benar saja, di Pasar Juma’ah udah banyak banget orang-orang berdiri di tengah jalan untuk menonton  festival tersebut.. Untungnya saya ngga telat waktu itu, sekitar 5menit kemudian MC berbicara untuk memulai acara.. dan pada saat yang sama juga diterbangkan buanyakkk sekali lampion.. bener-bener kerennnn..



Dengan lampion yang terus diterbangkan, kemudian muncullah orang-orang yang dilumuri oleh lumpur sambil membawa mangkuk kecil dengan api di tengahnya.. oooh saya baru tahu, ternyata itu sebagai “pager bagus” untuk kedatangan bupati Purwakarta yang akrab dipanggil dengan Kang Dedi. Hehe..
Keren juga yah kalau jadi bupati… dan ngga lama muncullah Kang Dedi dengan menggunakan kuda putih yang tinggi dan gagah sambil melambaikan tangan kepada para warga yang menonton dan lima puluhan kuda lainnya yang tidak kalah gagahnya.. sontak saja kita semua berteriak, tepuk tangan dan lain-lain.. hehe.. keren abis, kaya artis ajahh..

Di belakang rombongan kuda mulai tampak rombongan pawai  pembawa lampion jinjing, ratusan orang yang membawanya.. sampai-sampai saya mikir, ini kota Purwakarta kalau dilihat dari atas bakalan terang banget. Hehe..


Setelah lewat lampion jinjing, lalu datanglah rombongan kebudayaan dari 10 negara di asia tenggara.. ada Negara Thailand, Malaysia, Brunei Darusalam, Timor Leste, Laos, Kamboja, Vietnam, Filipina Myanmar, Singapura..


Wah keren deh.. udah kaya mau parede antar Negara di olimpiade aja.. hehe.. waktu itu saya lihat setiap Negara menampilkan baju tradisonalnya sambil menarikan tarian tradisonal. Mantappp..

Pawainya ngga berhenti sampai situ saja, masih ada banyak yang lebih menarik lagi setelah pawai Negara-negara Asia Tenggara, diasmbung lagi dengan penampilan kesenian dari 10 kabupaten/kota dan provinsi. Waktu itu kami melihat ada banyak penampilan kebudayaan daerah yang sangat indah dan saya rasa lebih bagus dibandingkan dengan Negara lainnya.
Ada penampilan kesenian dari Bali, Yogyakarta, jawa timur, Aceh, Sumatra Barat, Kalimantan Barat, Slawesi utara, Papua dan tidak lupa Jawa Barat..


Semuanya sangat mengesankan.. ada banyak tarian yang sangat menari untuk dilihat, begitu pula baju adatnya, semuanya kerenn.. tapi bagi saya yang paling mengesankan adalah banyaknya boneka-boneka besar seperti ondel-ondel, orang-orangan sawah yang sangat besar, reog dari Ponorogo serta para pemain egrang yang tingginya bisa sampai seatap. Hehe..





Di penampilan akhir ada banyak lagi pembawa lampion, sangat terang dan bagus.. yang menurut brosur hehe.. ada 53.000 lampion jinjing.. ckckck.. hebat deh pokoknya..

Seolah-olah paradenya ngga ada habisnya.. dannn, tunggu dulu.. tidak berhenti sampai situ saja.. disamping ada yang membawa lampion jinjing ada juga rumah-rumahan yang digotong (banyak banget) dari berbagai daerah dan instansi yang ada di Purwakarta.

Puasss dehh pokoknya nonton Festival Kemilau Cahaya di Purwakarta.. Walaupun saya tidak sempat melihat 3 festival sebelumnya, tapi dengan melihat festival terbesarnya rasanya sangat terbayarkan, seru dan reasa penasarannya.. hehe..

Oya, Festival ini tidak berlangsung begitu saja tanpa rencana. Tapi ternyata festival ini sudah di siapkan sejak sekitar 1,5bulan sebelumnya.
Purwakarta berbenah diri.. Mulai dari perbaikan trotoar, pemasangan lampion dengan lampu di sepanjang jalan, ada juga pemasangan bendera 10 negara Asean dan lain-lain.. Ini dia fotonya..



Festival Budaya di Purwakarta kali ini sangat menakjubkan, walaupun ini hanya laporan dari apa yang sudah terjadi di Purwakarta, tapi jangan takut teman-teman.. Karena di tahun-tahun yang akan datang pun bakalan masih ada lagi kok festival budaya seperti ini, atau mungkin lebih besar lagi dari tahun ini.
Jadi bagi para pencinta traveling dan budaya, kalau udah mulai mendekati bulan juni harus udah mulai siap-siap untuk cari informasi dan datang ke Purwakarta untuk ikut bersama saya dan warga Purwakarta lain untuk menyaksikan festival budaya lainya yang lebih besar (semoga yahh..).

Sekian dulu yahh cerita tentang festival budaya yang saya ikuti di Purwakarta, kota kelahiran saya yang tercinta.. hehe..


2 comments:

  1. Ini bagus banget! Sayangnya tiap Juni jadwal padat, nggak liburan :(

    ReplyDelete
  2. yahh, sayang banget tuh.. padahal bagus banget loh..
    kalau sempet datang aja yah.. ajak jugatemen2nya. hehe..

    ReplyDelete