Wednesday, May 15, 2013

SAPAN (TERNYATA BANDUNG LUAS JUGA YAHH...)


Perjalanan sekitar 2 jam dengan jalan yang jelek dan berlubang tidak menyurutkan saya untuk bertemu teman sekampus saya di daerah Sapan.
*Pasti semuanya masih pada bingung yah, dimana sih Sapan itu?? Tempat apaan tuh? Hehe.. makanya, daripada bingung lebih baik simak perjalanan saya aja yuuu.. ke daerah Sapan, Rancaekek, Bandung.
Perjalanan saya kali ini selain untuk bersilahturahmi (cie.. cie..), tapi juga untuk mencari bebek yang kata winda sih memang masih banyak di daerah sana.
Sebetulnya perjalanan saya ke Sapan sudah saya rencanakan sejak sekitar 2 bulan yang lalu, namun karena keterbatasan waktu, baru pada 8 Mei 2013 saya berangkat kesana.
Perjalanan saya kali ini dimulai pada pukul 07.30 pagi. Saya pergi berdua dengan teman saya yang bernama Iis. Masih pada inget kannn?! Hehe... itu tuh teman ketika saya pergi ke Surabaya dan Garut. Inget kannn.. hihi..
Sebelumnya Winda sudah mengingatkan saya, kalau perjalanan ke daerah rumahnya jalannya banyak yang berlubang, dan kalau hujan suka banjir. Weee.. Agak khawatir juga sih ketika kemarin saya memutuskan untuk berangkat kesana. Tapi karena tekad sudah bulat akhirnya dengan menggunakan mobil pribadi saya dan Iis berangkat kesana. Hehe..
 Awal perjalanan sih terasa lancar, karena memang baru sekitar 20menit perjalanan, itu pun baru sampai daerah kiara condong (melalui jalan Soekarno Hatta yang besarrr... hahaha..), dari jalan Soekarno Hatta saya belok ke kanan di sana jalanan sudah mulai mengecil, tapi masih bisa dibilang bagus deh.. hehe..
Ngennggggggg... kami terus melanjutkan perjalanan, tapi berhubung waktu itu kami belum sempat makan pagi, kita memutuskan untuk beli gorengan dulu sambil tanya-tanya ke arah Sapan. Maklum, daripada nyasar... hehe..
*Ngga disangka juga loh, ternyata gorengannya enak dan besar.. hehe..
Dan ketika tanya ke orang pun, arah yang kami lalui memang benar.
Yesss..
Sekitar 25 menit kemudian kami sampai di pertigaan... disana kami mulai bingung lagi, kemana yah arahnya, setelah di tanya ternyata harus belok kiri, belok lah kita ke arah kiri. Hehe.. *nurut aja deh, daripada nyasar.. hehe..
Daari sana memang benar apa yang dikatakan Winda, jalanannya jelekkk dan ngga tanggung-tanggung kalau ada lubang, diameter lubangnya bisa sekitar 1 meter dengan kedalaman 30-40cm.. wek wek wek... tapi, berhubung udah tanggung, jadi lanjut terusss.. haha..
Ditengah jalanan berlubang saya menyempatkan diri berhenti sebentar untuk mengecek  keadaan ban dan mobil saya yang keliatannya cape. . Setelah di cek wuihhh... Syukurlah keadaannya aman terkendali.  Hehe.. 
Ok deh, lanjut perjalanan lagi yah, karena memang belum sampai dan masih lumayan jauh. Hahaha..
Dari hasil tanya-tanya dengan warga sekitar, ternyata katanya kalau ada jembatan besar lurus aja teruus.. memang ketemu jembatan besar itu, dan saya luruss... Sampai ketemu jembatan kedua yang, saya memutuskan untuk bertnya lagu untuk menuju daerah sapan, ternyata bisa lurus atau belok. Tapi berhubung kalau belok jalanannya kecil, saya memutuskan untuk mengambil jalanan yang lebih besar, yaitu lurus lagi..
Setelah sekitar 20 menit perjalanan yang terasa sangat jauhhh, akhirnya saya ngerasa ngga yakin dengan jalanan yang saya lalui. Dan berhentilah saya di depan SMP Darrusalam... Soalnya selain udah lumayan jauh, jalanan yang saya lalui makin lama makin kecil. Dari sana saya memutuskan untuk menelepon Winda, dan ternyataaaaa.... memang udah nyasarr... huaaaa...
Saya disuruh untuk balik arah dan dengan petunjuk seadanya “kalau kamu lihat ada tempat pengisian air minum isi ulang, kamu belok kanan aja!” seru Winda..
Wah bingung juga, karena disana masih banyak banget sawah dan rumah penduduk biasa aja yang keliatannya ngga jual air minum isi ulang. Tapi, setelah diperhatikan baik-baik, ternyata memang ada kios kecilll pengisian air minum itu. Haha..

sawah-sawah daerah Sapan


*ngga nyangka juga, soalnya tuh kios adanya bukan di pas belokannya, tapi beberapa rumah setelah belokan ke kanan.. huhh.. legaa, ketemu.. hehe..
Yah singkat cerita, melalui jalanan kecil di tengah sawah yang Cuma muat 1 mobil, sampai lah saya di depan jembatan yang katanya kalau belok ke kanan sampai ke rumahnya Winda. Wooww, belokan ke kanannya  ternyata ada 2 buah portal besi yang bikin jalanan sempit tambah sempit aja.
Awalnya sih saya mau nyerah, daripada nanti pulang mobilnya lecet n bonyok-bonyok. Hehe.. tapi di telepon winda bilang portalnya muat kok buat mobil. Malah dia bilang gini “Tenang aja Chris, pasti muat, kan yang datang kesini bukan cuma mobil kamu aja.”
Weeeewwww...  dengan segala kehati-hatian dan kesabaran akornya saya melewati portal yang Cuma beda 5cm kiri kanan dari mobil saya itu. Hahaha.. lega banget!!
Beneran ternyata ngga jauh dari portal itu ada winda yang udah nunggu di depan rumahnya sambil ketawa-ketawa.. Dasar! Hehe..
 Disana, kita ngobrol-ngobrol sebentar dan memang perut ngga bisa bohong, laparrr bangettt!
Untung aja Winda ajak saya untuk beli bakso.. Hehe.. Sambil Iis nunggu di rumahnya, saya dan Winda berangkat naik motor untuk beli bakso. Ternyata, tukang bakso tuh ngga deket-deket amat sama rumahnya itu, musti keluar ke jalan raya dulu.
Sekitar 15menit perjalanan kami sampai di tukang bakso... haha.. memang menarikkk bangett!! Baksonya gede. Segede bakso garut, wah mantafff deh pokoknya..


perjalanan menuju tukang bakso

Disana kita beli 3 bungkus , dan makan di rumahnya. Hehe..
*oya, di sepanjang perjalanan kecil ke tukang bakso, selain ada kali yang memisahkan daerah rumah Winda dengan daerah di seberangnya, disana banyak sekali orang yang membuka usaha pembuatan batako, yang masih tradisional.
Kira-kira begini peta rumah Winda dan sekitarnya..




Selesai makan bakso di rumah Winda, Saya, Iis dan Winda kembali ke misi utama.. hayooo apa coba? Hehe.. Yupp, mencari bebeeeekkkk!
Seperti yang kita lihat di peta. Dari rumah winda ke tukang bebek cukup jalan sedikit ke arah kiri, lalu menyebrang kali melalu jembatan kuning, hehe...
Memang gak salah apa kata winda, disana masih cukup banyak peternak bebek dan penjual telur bebek angon. Berhubung cukup banyak pesanan akan daging dan telur bebek, maka disana kami memutuskan untuk membeli 10 ekor bebek dan 150 butir telur. Hehe.. Mantafff ddehh, walaupun akhirnya di mobil agak-agak bau daging bebek, tapi ternyata perjalanan panjang yang lelah dan menyenangkan ini berakhir sukses.
Ternyata perjalanan ke Sapan kali ini, menyadarkan saya bahwa bandung itu tidak hanya daerah kota, dago, lembang dan sekitarnya saja. Dan sepertinya masih banyak daerah-daerah sekitar Bandung yang menarik dan sangat menyenangkan untuk dikunjungi.

No comments:

Post a Comment