Thursday, May 30, 2013

GOA PINDUL WISATA ALAM YANG TAK TERLUPAKAN!!

Walau tidur jam 3, tapi kan holidays must go on... hehe... besoknya saya dan Lele harus bangun pukul 5 pagi karena sudah ada rencana wisata selanjutnya..

*Pas di mobil sama supir yang pertama sih, dia kasih nomor telepon supir berikutnya yang bisa mengantar kami di hari kedua (dan sudah janjian menjemput juga jam 5 pagi), karena supir yang kemarin itu sudah di booking juga sama orang lain..

ehh, ternyata pas ditunggu-tunggu jam 5 ternyata tuh supir belum datang aje... akhirnya kita teleponin dongg.. tetepppp, ngga diangkat!!

Dengan sedikit kesal dan putus asa sama si supir itu, akhirnya saya memutuskan untuk coba tanya ke hotel, barangkali mereka punya kenalan orang travel. Pas saya tanya, memang kebetulan hotel poncowinatan bekerjasama dengan sebuah travel. Nama Travelnya ABG travel..

*Travel ABG memiliki tarif yang sama dengan travel kami sebelumnya, yaitu Rp. 350.000 tapi harga itu sudah termasuk supir dan bensin.. Jadi buat temen-temen yang hendak berjalan-jalan ke Yogyakarta, selan mencari alternatif travel di internet, tidak ada salahnya juga untuk mencoba bertanya ke hotel. Yang mungkin saja ternyata tarifnya lebih murah daripada yang kita cari di internet.

Ketika saya telepon ke pemilik travel (namanya Pak Mugi), ternyata dia bersedia mengantar kami menuju tujuan selanjutnya, yaitu Kaliadem – Goa Pindul – Pantai Baron. Tapi cuaca untuk menuju kaliadem saat itu memang sedang tidaak bersahabat, waktu saya kesana hujan memang turun hampir tidak berhenti, sehingga kalaupun kita berangkat ke kaliadem, maka pemandangan Gunung Merapi yang harusnya terlihat jelas, akan menjadi tidak terlihat karena tertutup kabut.

Perjalanan ke Goa Pindul sangat menyenangkan karena perjalanan kesana seperti naik ke puncak gunung. Perjalanan terus menanjak dan berliku-liku (buat yang suka mabuk kendaraan sih sebaiknya minum antimo dulu.. hehe..) namun jalanan ke sana seperti perjalanan di kota-kota jawa tengah lainnya, sangat mulus (aspalnya bagus juga tidak bergelombang).

Perjalanan kami ke goa pindul dimulai pada pukul 06.30 dan tiba di Goa Pindul sekitar pukul 08.00.. diana ternyata kami merupakan rombongan kedua. Begitu kami tiba, ternyata rombongan pertama sebelum kami sudah selesai makan dll.. haha..

Senengnya ternyata kalau datang ke goa pindul pagi-pagi sekitar jam 8an ternyata masih sepi, dan hal itu sangat menyenangkan, karena jarak antara kami dengan rombongan pertama bisa diatur agak berjauhan.
Wisata di Goa Pindul terbilang cukup murah juga.. dengan membayar Rp. 40.000 kami sudah dapat memasuki dan menikmati keindahan Goa, itu pus sudah termasuk pinjaman ban, sepatu karet dan pelampung.. gimana mantappp kan?

Kalau mau ikutan raftingnya juga cuma Rp. 40.000 untuk 2 km, dan Rp. 60.000 untuk 6 km
Iya dong... hehe..

Itu masih belum lengkap sih, karena rasanya ngga ada artinya yah kalau udah menikmati keindahan goa tapi tidak bisa mengabadikannya... tapi jangan khawatir juga teman-teman! Karena disana pun ada penyewaan fotografer selama kita menikmati keindahan goa. Pokoknya udah kaya jadi artis deh, setiap kita mau melakukan sesuatu pasti di foto.. hehe.. bisa di foto sebanyak yang kalian mau.

*tarif untuk jasa fotografer Rp. 90.000 untuk foto sepuasnya + CD hasil jepretan..  jempol dehhh..
Hehe.. apalagi kemarin saya datang ke Goa Pindul cuma berdua.. hehe.. minimal setengah dari seluruh foto, pasti foto saya dehh.. hahahaha...

Kalau masuk ke Goa Pindul, didalamnya terdapat stalakmit dan stalaktit yang sangat indah, stalaktit dan stalakmitnya pun bukan hanya terbentuk dari endapan air saja, namun ada juga yang terbentuk dari endapan kapur, sehingga bentuknya seperti kristal. Kerenn..

Suasana zona terang di Goa Pindul

Goa Pindul memiliki panjang sekitar 350m dan terbagi menjadi 3 zona, yaitu zona terang dimana di zona ini kita masih dapat melihat keindahan goa karena adanya cahaya matahari yang masuk, ada juga zona remang dimana cahaya matahari masih bisa masuk, namun sedikit sekali sehingga untuk melihatnya diperlukan alat bantu seperti lampu LED. Satu lagi adalah zona gelap abadi, yah memang karena ngga ada cahaya matahari yang masuk sama sekali, dan cahaya lampu LED sangat membantu memandu perjalanan kami.

Selain terdapat stalakmit yang berbentuk kristal, Goa Pindul termasuk unik dan hebat! Kenapa?
Disebut unik karena bentuk-bentuknya yang beragam.. ada yang bentuknya seperti lipatan-lipatan kain, ada pula yang bentuknya seperti kelamin laki-laki dan perempuan. Hehe.. Konon untuk laki-laki yang dapat memegang stalaktit berbentuk kelamin lelaki dapat meningkatkan kejantananya.. untuk perempuan yang pada saat melewati stalakmit berbentuk kelamin wanita dan mendapatkan tetesan dari stalagtit tersebut, maka konon mukanya akan tetap cantik dan awet muda. Hahaha.. ada-ada saja..
Dibilang hebat karena di dalam Goa Pindul terdapat stalaktit dan stalakmit yang menyatu dan memiliki ukuran yang sangat besar, bahkan termasuk nomor 4 terbesar di dunia.

Wooowww.. dan itu adanya di Yogyakarta..

Makanya ayo semuanya pada kesana.. dijamin puas dan menyenangkan dehh..

Oya, stelah melewati zona gelap abadi, kita akan menemukan pintu keluar goa disisi satunya.. disana pemandangannya sangattt indah.. Karena bentuknya sepreti lubang yang besarr dan memancarkan sinar matahari. Disana pula, para pengunjung (termasuk kami tentunya) dapat naik ke bebatuan yang tinggi, mencapai 3 meter untuk loncat dan terjun ke sungainya...

biar lagi deg degan wau loncat, tetep eksis donggg... hihihi..

Hahaha.. waktu itu yang saya rasakan bener-bener tegang dehh.. gimana engga, begitu mau naik ke bebtuan yang pertama aja rasanya udah susah.. soalnya tinggi banget, walaupun pelan-pelan akhirnya sampai juga ke puncak tempat loncat..

Waktu saya sampai di batu untuk meloncat (dengan susah payah), eehh, si mas fotografernya bilang “kurang maju, kurang maju!”  huaaa.. dengan kaki bergetar (beneran lohhh) saya maju lagi, dan menunggu aba-aba dari fotografer untuk meloncat dan akhirnya JEBURRRRR saya loncat.. hahahaha... seneng banget pas udah loncat, tegangnya lepas semua, yang ada malah seneng bangettt..

Seselesainya dari Goa Pindul, kami memutuskan untuk mengikuti raftingnya, karena dipikir sayang banget kalau dilewatkan..
Hahaha.. raftingnya juga seru.. karena hanya menggunakan ban dalam sambil kami semua berpegangan satu sama lain. tapi enaknya adalah kita tidak perlu mengayuh, karena Guidenya terus membantu kita untuk mengarahkan ban ke arah yang tepat. Hahaha.. Curang dikit ngga apa-apa lah yaaa..

waktu ada arus yang lumayan kenceng.. haha..

Arusnya ngga terlalu deras, tapi tetap seru, karena kami semua tetap melaju dengan cepat dengan gelombang-gelombang yang tidak terlalu sulit untuk dilewati.. hehe..
Di tengah rafting, kami sempat berhenti sebentar karena disana ada air terjun yang cukup besar sehingga sangat baik untuk dijadikan objek foto bagi kami berdua... :D

Wah wisata rafting akhirnya selesai juga disana kami mampir ke sebuah warung makan milik warga sekitar. Disana banyak dijual makanan, dari mulai bala-bala, misro (itutuh, yang kaya comro tapi dalemnya manis..), lontong, bahkan minuman pun ada.. hehe.. disana saya sempat makan lontong dan teh manis panas... hmmmm... nikmatnyaaa..

Dari warung makan itu kami semua bersama dengan rombongan yang pertama dijemput menggunakan mobil pick up untuk kembali ke basecamp..
Disana kami semua bisa mandi cukup bayar Rp. 6.000 (udah sama shampo, sabun + kamar mandinya) kalau udah pada bawa shampo+sabun sih cukup bayar Rp. 2.000 aja buat mandi. Hehe..

Oya selesai kami mandi masih ada kejutanlain dari pengelola Goa Pindul.. kami semua di sediakan wedang jahe puanasss yang bisa kami minum sepuasnya... dijamin ngga akan masuk angin dehh.. :D

Oke, wisata Goa n Rafting akhirnya selesai..  puassss dan ngga rugi dehh.. Buat yang baru pertama kali ikitan wisata alam, seperti saya juga, ini merupakan pengalaman yang sangat berkesan menyenangkan dan seru. Buat yang udah pernah pun pasti ngga akan pernah bosan untuk terus malakukannya. Iya ngga? Hehe.. kalau saya sih jawabannya IYA BANGET!

* Selesai dari Goa Pindul, waktu telah menunjukkan pukul 12 siang dan ternyataudah banyak banget orang/rombongan yang baru pada ngantri untuk beli tiket.. huhhh.. untung saya datangnya jam 8, masih kosonggg.. hahaha..

1. "Jadi kami akhirnya memutuskan untuk langsung menuju tujuan selanjutnya yaitu Goa Pindul. Goa Pindul terletak di... sekitar ... jam perjalanan dari kota Yogyakarta."

itu yang titik2 buat quiz yah?

jawabannya: terletak di (gunung) sekitar (1.5 jam)....

gimana?

2. Iya betul sekitar 1,5jam perjalanan dari hotel kami (Hotel Poncowinatan), tapi Goa Pindul tepatnya berada di Desa Bejiharjo, Yogyakarta.. hehe..

Bukan kuis kok.. tapi lupa di tulis.. hihi..
    Jadi maluu..

Makasih yah atas koreksinya. :)

3. sayang ga sekalian ke Gowa Sriti, menurut saya cukup menarik juga.maret kmrn kita ambil paket: Sriti, Pindul & sungai Oyo = 220rb / 3 org make "karya Wisata".
    Btw keren tulisannya, csangat detail.

4. makasih banyak.. tetep baca blognya yah.. di tunggu komentar2 selanjutnya. hehehe..