Thursday, February 14, 2013

TERMINAL BUS PROBOLINGGO MENUJU CEMORO LAWANG

TERMINAL BUS PROBOLINGGO MENUJU CEMORO LAWANG

Turun deh akhirnya kita berdua di terminal itu, otomatis kita langsung cari semacam elf yang kalau disana disebutnya BISON menuju ke Cemoro Lawang (uda cari-cari sebelumnya di internet).  Sebelumnya dijelasin dulu yah kalau Gunung Bromo letaknya di Desa Ngadisari, Dusun Cemoro Lawang (sekitar 20km dari kota Probolinggo).
Diperjalanan keluar terminal, saya dan Iis, tiba-tiba liat ada 3orang dengan gerak-gerik aneh kaya kita.. HAHAHA.. langsung aja kita sapa, mau ke Bromo juga yah?  Jawab mereka iya.. hehe.. akhirnya kita sama-sama..
Oya, ga lupa dong saya tanya-tanya, daripada nyasar..
“Pa..Pa.. numpang tanya kalau tempat mangkal bison ke Cemoro Lawang dimana yah?” (nanyanya ke tukang es) dengan baik hatinya si bapaknya bilang “KELUAR DARI SINI BELOK KIRI, TERUS LURUS AJA TERUSSS. NANTI JANGAN NANYA-NANYA LAGI YAH KE ORANG LAIN”
HEEE... jangan tanya ke orang lain? Apa maksudnya si bapa tehh.. saya pikir takut kesaingin kali yah jawabannya sama orang lain. Haha..
LAAAHHH Katanya keluar dari sini belok kiri???? Berarti balik lagi dong ke tempat bus Probolinggo masuk tadi, berhubung dah deket banget sama pintu keluar terminal, jadi lanjut aja dehhhh.. dengan gogobrot kesang kepanasan luar biasa.
Tapiiii.... setelah di tengah jalan, saya baru nyadar ternyata banyak banget yang nanya-nanya mau kemana! Tapi karena uda dikasi tau sama si bapak tukang es yang baik hati itu jangan tanya-tanya lagi, mendingan kami semua nurut aja. Dipikir si daripada dijailin atau ditipu, jadi mendingan diem aja, pasang muka lempeng.
Akhirnya sampe deh kita semua berlima di pintu masuk bus tadi, sampe sana banyak banget bison-bisonnya..
Pas mau milih naik yang mana tiba-tiba ada emang-emang yang bilang “naik yang sebelah sini aja, uda mau jalan!”
Karena udah deket sama bisonnya jadi percaya aja deh. Sebelum orang lain masuk, saya dan Iis naik duluan ambil tempat duduk paling depan (muat berdua), dan di dalam bison yang penuh akhirnya ada kami berdua, 3 orang Riau, 3 orang  Jakarta kami semua sama-sama perempuan, akhirnya kita semua sama-sama disana.
Oya, dari Probolinggo ke Cemoro Lawang memakan waktu kurang lebih 1 jam. Disepanjang perjalanan saya lebih milih mengobrol dengan supirnya, sambil tanya-tanya tentang transportasi, akomodasi dan wisata di Bromo.
Pembicaraan dengan supir bison awalnya seru-seru aja, tapi lama-lama kok agak-agakkk ‘maksa’ yah.. masalahnya setiap kali saya bertanya sesuatu pasti dia dah punya jawabannya dan ujung-ujungnya jadi kaya nawarin sesuatu gitu. Mulai dari hotel, jeep dll.. tapi untungnya saya dah persiapan alternatif hotel untuk saya tinggal selama sehari di kawasan Bromo. Alternatif hotel saya pada saat itu awalnya ada Cafe Lava Hotel, Bromo View Hotel, Lava-lava Hotel, Sion Hotel dan lain-lain.
Waktu saya nanya tentang hotel misalnya, sang supir selalu bilang kalau dia punya tempat yang bagus dan murah untuk menginap, yang ujung-ujungnya dia malah menawarkan homstay (tinggal bareng di rumah warga). Atau pada saat saya coba-coba menanyakan harga menyewa jeep untuk berwisata keliling Bromo, dia seperti saya bilang, lagi-lagi punya jawaban untuk saya menyewa jeep dengan harga yang menurut saya mahal. Tapi pada saat itu sih saya terima aja jawaban dari dia, soalnya dipikir-pikir daripada nanti mentok ngga dapet apa-apa di sana. Sampai akhirnya saya tukeran no hp sama sang supir.
Begitu sampai di Dusun Cemoro Lawang, supir bison langsung menawarkan rumah homstay pertama yang dia maksud, ternyata rumahnya sudah penuh. Lalu bison naik lagi ke atas mendekati kawasan wisata Bromo, dan tibalah saatnya saya sampai di Cafe Lava Hotel. Tentu tidak saya sia-siakan langsung menuju resepsionis, begitu saya lihat ternyata harganya hotel cafe lava sangat terjangkau, hanya Rp. 158.000, tidak seperti yang dikatakan supir bison sewaktu perjalanan menuju kawasan Bromo. Pada saat itu dia sempat tanya “Memang ade udah booking hotel di cafe lava?” saya bilang “belum.”, lalu dia bilang lagi “Memang udah tau harga menginap di cafe lava?” saya bilang lagi “udah kok, katanya ada kamar ekonomi yang tarifnya cuma Rp. 150.000 per malam.” Mas bison akhirnya bilang gini “Cave Lava memang ada yang harganya cuma Rp. 150.000? Setau saya disana yang paling murah harga kamarnya Rp. 300.000.”
Setelah saya dari resepsionis langsung deh saya mikir, wah nih supir bohong. Tapi berhubung waktu itu keadaan hotel sedang gelap gulita (mati lampu maksudnya), saya agak kecewa sama tuh hotel. Dan begitu saya keluar dari hotel TENTUNYA si supir bison langsung nawarin lagi kamar homstay. Dipikir waktu itu daripada tinggal di hotel yang mati lampunya mending liat lagi kamar yang lain.
Ngengggggg mobil akhirnya jalan lagi menuju rumah homstay yang dia maksud. Langsung deh saya turun dan liat-liat, taunyaaaaa wewww wewww wewww... kamarnya jelek banget! Mana begitu melihat keluar jendela kamar langsung tempat umum, hiiiiiiiiiii... agak ngeri juga yah... gimana kalau pas tidur ada yang ngintip.
Begitu kamar homstay yang saya lihat sangat mengecewakan, langsung aja kami berdua memutuskan untuk tinggal di cafe lava yang gelap gulita tadi. Dan tentunya diantar oleh si mobil bison.
Begitu selesai bayar kamar di hotel cafe lava, langsung saya menuju kamar yang disediakan, yaitu kamar ekonomi No. 2. Begitu sampai di kamar, kaget juga saya... hahahaha....kamarnya kecil banget, segede upil. Hahaha... beneran deh ngga bohong! Paling tuh kamar ukurannya 2x3m, cuma ada 1 ranjang ukuran queen, lorong sempit segede badan orang n didepan ranjang ada 1 buah meja buat naro-naro barang. Jelaslah yah, karena kamarnya segede upil, kamar mandinya di luar. Tapi begitu liat kamar mandinya ada air panasnya, langsung mikir hahaha... sukur-sukur ada air panas! Seengganya bisa mandi malem ini hehe... Soalnya kan perjalanannya tadi jauhhh banget. Hehe..
Tapi buat teman-teman yang mau kesana jangan kuatir n bingung apalagi sampe tertipu sama si tukang bison, soalnya kamar homestay yang dia tawarin juga sama-sama kecil (yah, gede sedikit lah, paling setengah meter hehe..), kamar mandi sama-sama diluar mana ngga ada air panas lagi ternyata, lebih kotor (lantainya masih pake tegel item hahahaha...), terus 1 lagi bantal, guling sama sepreinya warnanya beda-beda.. hihihi... HAYOOO MAU PILIH YANG MANA?
Oya 1 lagi kelebihan Cafe Lava Hotel. LOKASINYA! Ya, lokasinya tuh ternyata dekettt banget sama pemandangan Gunung Bromonya. Paling jalan 30m, langsung keliatan pemandangan pegunungan yang beneran indah bangetttt...
Waktu itu saya sampai di Cafe Lava Hotel sekitar jam 3an, cuacanya belum dingin-dingin amat, sampe jalan-jalan liat pegunungan yang indah itu aja ngga pake jaket, malah sempet makan (oya makannya ada bakso, jalannya ngga jauh lah enak dan benar-benar menghangatkan perut n RM EDDY, sebelahan banget sama Cafe Lava Hotel. Makanannya enak, bersih dengan harga terjangkau). Haha.. jadi kesimpulannya pada saat itu juga saya makan 2x. Tapi masih inget kan cerita sebelumnya kalo saya belom makan dari paginya. Hehe.. *pembenaran.com


Dari tukang bakso, pada saat saya makan dan tanya-tanya tentang  penyewaan jeep, ternyata dia juga punya kenalan (yang dia bilang sih kakaknya sendiri, walaupun agak-agak curiga bukan kakaknya), waktu itu dia bilang harga menyewa jeep Rp. 450.000 untuk 2 lokasi (ke Penanjakan 1 dan Gunung Bromo saja) dan Rp. 700.000 untuk 4 lokasi (ke Penanjakan 1, Gunung Bromo, bukit teletubies, Pasir Berbisik). Pada saat itu langsung kita tawar, iya dong (harusnya boleh, kan katanya ‘kakaknya’ sendiri)! Akhirnya hasil diskusi antara si tukang bakso n ‘kakaknya’ dapet deh harga Rp. 600.000 untuk 5 orang, tapi berhubung kita berdelapan jadi kena charge Rp. 100.000.
Nb: kalau hasil penawaran sama supir bison Rp. 450.000 untuk 2 lokasi dan Rp. 700.000 untuk 4 lokasi dan harganya sudah ngga bisa ditawar, plus kalau ada penambahan orang kena denda Rp. 50.000/orang
Jadi diitung-itung kalau ikut yang tukang bakso Rp.700.000/8orang, jatohnya per orang Cuma Rp. 87.500.... Murah juga lah yaaa..
Oke... setelah makan dan tawar-tawaran harga jeep akhirnya saya pulang ke hotel buat mandi dll.
Eehh, ternyata lampunya udah nyala.. horeee..
Setelah mandi, barulah kerasa, dinginnya Bromo kaya apa... Sampe-sampe pas tidur walaupun udah dikasih selimutnya seorang satu tetep aja kedinginan.
Akhirnya saya tidur pakai jaket tebal n selimut tebal.
Kita memutuskan untuk tidur lebih awal, karena besoknya harus bangun jam 3 pagi.

8 comments:

  1. nice info,, jadi mau lanjut baca...

    ReplyDelete
  2. Untuk ke bison itu. Maksudnya harus keluar dari terminal dulu trus belok kiri. Masuk ke pintu masuk terminal gt?

    ReplyDelete
  3. Halo salam kenal. Sy mau tanya dong. Kalau dari desa cemoro lawang menuju terminal Probolinggo mobil elf nya itu paling sore jalan dari cemoro lawang jam berapa ya? Di tgu kabarnya.

    ReplyDelete
  4. Halo salam kenal. Sy mau tanya dong. Kalau dari desa cemoro lawang menuju terminal Probolinggo mobil elf nya itu paling sore jalan dari cemoro lawang jam berapa ya? Di tgu kabarnya.

    ReplyDelete
  5. JIKA ANDA BERENCANA BERWISATA KE GUNUNG BROMO, SEMERU TENGGER DAN KAWAH IJEN. HUB 0823 3490 1487
    BISA ANTAR JEMPUT BANDARA JUANDA-LOKASI WISATA.

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  7. Kalo paket murah ke bali atau ke pulau biru nusa lembongan di www.wisata-bali.com wa 087800108800 aja

    ReplyDelete
  8. mau tanya bayar bison dari terminal bus ke cemorolawang berapa?

    ReplyDelete