Thursday, May 30, 2013

MUSEUM MERAPI DAN KALIADEM YANG MENARIK DAN INFORMATIF

Sesampainya di Yogyakarta saya ngga sempet mampir ke hotel! Karena waktu itu Lele yang naik pesawat udah keburu datang duluan (jam 8pagi) dan bertemu teman-temannya yang sudah tiba di Yogyakarta hari Kamis.

*kami menginap di Hotel Poncowinatan, sekitar 15menit berjalan kaki dari malioboro, dan 5menit berjalan kaki ke tugu Yogya.

HOTEL PONCOWINATAN
Alamat:
Jl. Poncowinatan 3
Yogyakarta 55233
Indonesia
Phone: (0274) 561 331
Harga menginap permalam : RP. 150.000-350.000

Hotel Poncowinatan tempat saya menginap

Setibanya di Yogyakarta, Lele dan teman-temannya memutuskan untuk makan pagi sambil menunggu kedatangan saya (± jam 09.00)..

Jadi akhirnya saya di jemput Lele dan teman-temannya di perempatan Pincul (ngga jauh dari Tugu Yogya), dan dari sana kami melanjutkan perjalanan ke Museum Merapi.

*museum merapi berada daerah Kaliurang sekitar 1jam perjalanan dari Kota Yogyakarta, perjalanan kali ini kami lakukan dengan menyewa mobil + supirnya dengan harga Rp. 350.000 belum termasuk bensin.

Di Museum Merapi, kami melihat berbagai macam foto-foto ketika letusan Gunung Merapi terjadi pada tahun 2010 dan letusan pada tahun-tahun sebelumnya, disana juga ada replika gunung merapi yang cukup besar, ada juga batu-batuan hasil erupsi gunung merapi yang sangat menarik untuk dilihat.

*sebagai informasi, letusan merapi yang baru terjadi pada tahun 2010dan itu ternyata adalah letusan yang paling besar diantara letusan-letusan lainnya pada tahun-tahun sebelumnya
Gunung Merapi terakhir meletus pada tahun 2010 silam. Sejak Sejak tahun 1548, gunung ini sudah meletus sebanyak 68 kali. Menurut keterangan di Wikipedia, letusan-letusan kecil terjadi tiap 2-3 tahun, dan yang lebih besar sekitar 10-15 tahun sekali

Asyik juga liat-liat tentang museum merapi, museumnya besarrr  dan memiliki informasi yang lengkap tentang kegunung merapian.. disana kita juga bisa tahu lebih banyak tentang Gunung Merapi, di Museum itu juga ada banyak gambar-gambar serta maket-maket mengenai letusan-letusan gunung yang lain yang ada di dunia, hanya dengan membayar tiket masuk seharga Rp. 3.000.

Tapi sayang banget dehh, Museum Merapi yang besarr dan megah itu seperti biasa terjadi di Museum-museum lain yang ada di Indonesia..  Tidak terawat!!! Sayang banget yahh, padahal museumnya berisi informasi-informasi penting dan menarik, tapi saking ngga terawatnya banyak banget atap-atap yang bolong.
Akibatnya, karena pada saat saya berkunjung kesana sedang hujan deras, banyak banget air-air yang merembes dan menggenang dilantai museum!!

Rencananya sih selesai dari Museum Merapi, kami mau melanjutkan perjalanan ke daerah Rumah Mbah Marijan yang tertutup lahar dingin merapi, yahhh, tapi sayang hujan turun deras!! Jadi, sambil menunggu hujan berhenti, kami memutuskan untuk menonton  di bioskop yang ada di Museum itu, dengan membayar tiket Rp. 5.000 saja..

*Filmnya menceritakan tentang, bagaimana para pengamat Gunung Merapi bekerja untuk mengukur keadaan Gunung Merapi, alat-alat yang digunakan, bagaimana proses meletusnya sebuah gunung, proses pembentukan kawah Gunung Merapi dan lain-lain.. Film yang saya tonton itu berdurasi sekitar 20menit dengan tema yang sangat menarik.

Sayangnya, filmnya menggunakan Bahasa Inggris.. walaupun saya mengerti isi dan maksud film yang dipertontonkan, namun mungkin juga ada wisatawan lain yang kurang mengerti Bahasa Inggris, sehingga cenderung melihat gambarnya saja tanpa tahu apa yang dimaksudkan dari cerita tersebut. Karena pada museum itu memang lebih banyak penduduk lokal dan wisatawan domestik yang datang (malah waktu itu, tidak ada wisatawan mancanegara yang menonton filmya).

Bukan bermaksud menyudutkan pihak museum, tapi akan lebih baik kalau filmnya juga menggunakan teks berbahasa Indonesia supaya semua orang dapat memahami apa yang diceritakan dalam film tersebut. Hehe..

Selesai menonton film tentang merapi, kami kira hujan sudah berhenti, tapi ternyata masih belum berhenti juga tuh hujan.. ampun dehh.. Rencananya jadi berantakan!
Tapi di mobil, sang supir bilang kalau kami masih bisa berkunjung ke salah satu tempat wisata disana, yaitu Kaliadem.. hehe.. lumayan lah daripada ngga ada lagi yang bisa dikunjungin..

Kaliadem adalah salah satu jalur turunnya lahar dingin, disana kita bisa liat kalau ternyata Kaliadem yang dulunya dalem banget, menjadi sangatttt dangkal karena tertutup lahar.. pas saya lihat Kaliadem kaget juga lohh.. karena sisi sebelah kiri jembatan yang lebih dekat dengan Gunung Merapi jaraknya hanya sekitar beberapa meter saja dari tinggi jembatan, sedangkan sisi sebelah kanannya sangat dalam (*mungkin karena lahar yang mau lewat terhalang oleh tiang-tiang jembatan). Kerennnn!!

Kaliadem biasanya agak kering. Karena hujan, ada air mengalir

* Disana juga kita bisa liat truk-truk penambng pasir yang lagi berhenti beroperasi karena ditinggalkan para pekerjanya karena hujan. Supirnya bercerita bahwa kalau sedang hujan, Kaliadem sangat berbahaya, lahar yang berada di sekitar gunung merapi berpotensi turun kebawah dan menimpa para penambang pasir.