Thursday, May 30, 2013

HUJAN DAN LELAH DI BOROBUDUR







Selesai melihat keadaan kaliadem, ternyata waktu sudah menunjukkan pukul 1 siang, karena kami berencana mengikuti perayaan waisak di Candi Borobudur, kami semua memutuskan untuk segera berangkat kesana.


*waktu itu perkiraan kami perayaan waisak dimulai pukul 18.00, jadi dengan perkiraan perjalanan sekitar 2,5jam, sekitar pukul 15.30 kami seharusnya tiba di Candi Borobudur

Diperjalanan, ternyata sangat banyak wisatawan serta umat Budha yang mengikuti perayaan Waisak.. jadi kami yang seharusnya tiba pukul 15.30, baru tiba di Candi Borobudur sekitar pukul setengah 5 sore. Tapi dipikir-pikir ngga apa-apa lahhh, kan masih ada waktu 1jam untuk masuk ke pelataran Candi.

Karena kami ngga tau dimana tempat penjualan tiket masuk ke candi, kami sempat tanya-tanya ke banyak orang termasuk salah satunta tukang parkir yang ada disana. Waktu itu kami tanya “pak, dimana yah tempat penjualan tiket masuknya?” bapaknya menjawab “loketnya dari sini tinggal lurus aja, terus belok kiri dan bla bla blaaa......, tapi de loketnya udah tutup kalau jam 5!”

Gawat deh kalau tutup!! Mau ngga mau, kami semua langsung lari menuju loket yang dimaksud! Karena waktu pada saat itu masih menunjukkan pukul 16.45, masih ada waktu lah kami pikir..  
*kita lari kaya udah dikejar setan aja waktu itu, capeee...

Dan memang bener, begitu berniat membeli tiket masuk, wooowww... udah banyak bangetttt orang-orang yang ngantri untuk membeli tiketnya!! Dan untungnya masih buka dongggg.. hahaha..

Begitu masuk ke pelataran Candi, ternyata perjalanan menuju tempat perayaan Waisak masih sangaaatttt jauhhh dan sangattt berdesak-desakan.. capedehhhh...

Eehh, malah udah kita deket ke tempat masuk perayaan Waisak... jeng jeng jengg.. pintunya ditutup dongggg, di depan mata kita. Padahal, kayanya tinggal 20 langkah lagi sampe disana!!! Dan ada petugas yang bilang “masuknya lewat pintu sebelah sana!!”

Whatttttt?? Hikssss.. padahal udah deket banget, malah disuruh muter...

Beneran deh capenya ngga ada dua!! Manakita harus pake loncat pager segala lagi demi masuk ke tempat perayaan Waisak itu.. soalnya waktu itu kami semua yang berdesak-deaskan panik  dan takut banget pintunya ditutup lagi oleh petugas...
Dengan segala kekuatan plus dorong-dorongan – kaya  mau antri sembako aja, akhirnya kami semua masuk ke tempat perayaan yang ternyata udah penuuuuhhh banget orang-orangnya!

Dari sana, kami langsung ambil spot yang paling pas buat mengikuti perayaan Waisaknya, walaupun akhirnya kita dapet spot yang palinggg belakang. Tapi ngga apalah, soalnya kita dapet tempat yang ada karpetnya.

*ternyata sebenernya tuh karpet harusnya di pakai oleh umat Budha dan para biksu, tapi tidak sesuai rencana yang telah dibuat. Karpet itu telah terisi penuhhhh oleh para wisatawan!!

Aduh, sebenernya jadi ngga enak banget sama umat Budha, para Biksu dan para panitia yang ada.. jadi seengganya dalam kesempatan kali ini, saya mohon maaf karena sudah menggunakan tempat itu... Maappppp yaaa...

*Ada yang bilang setiap perayaan Waisak selalu memakai pawang hujan, sehingga setidaknya hujan yang akan turun bisa berkurang, ditunda dan sebagainya... Tapi cuaca waktu itu bener-bener mendung..

Sekitar pukul 18.30, kami semua sudah duduk manis sambil ngobrol (karena waktu itu perayaannya memang belum dimulai) anginnya makin besar aja..
Sampai pukul 7an, ada pengumuman dari panitia kalau perayaan Waisak belum bisa dimulai karena Bapak Menteri Agama (Suryadarma Ali) belum datang, jadi panitia meminta kami semua untuk sedikit bersabar.

Tapiiii, setelah ditunggu-tunggu sampai pukul setengah 8an, Bapak Menteri Agamanya belum datang ajeee!! Dan hujannya sudah terlanjur tambah besar, kaya air tumpah! 

Capedehhhhhh!!

Sampai akhirnya Bapak Menteri Agama YANG TERHORMAT dan yang ditunggu-tunggu AKHIRNYA datang jugaaa!!

Ketika Pak Menteri datang, walaupun sangat tidak terpuji, para wisatawan (termasuk saya, sejujurnya) sontak saja meneriakkan “HUUUUUUU” dengan sangat kencang. Bukan bermaksud mengadu domba, walau agak tidak enak mengatakannya, tapi sejujurnya menurut saya keterlambatan Pak Menteri Agama itu sangatlah kurang menghargai umat Budha, para pemimpin Agama Budha, maupun para wisatawan yang bermaksud mengikuti acara Perayaan Waisak yang seharusnya berjalan tepat waktu dan kusyuk.  

Memang kami semua tidak tahu, apa yang menyebabkan keterlambatan Pak Menteri tersebut, namun pada saat beliau datang hujan sudah terlanjur besar dan sangat besar, dan tentunya bukan hanya kami yang kehujanan, tapi juga mereka yang merayakan dan menyiapkan acara tersebut dan dengan sangat baik, malah menjadi terhambat karena keterlambatan beliauuuu...

*namun dengan adanya kejadian ini, membuat saya kagum dan sangat mengapresiasi para Pemimpin Umat Budha, maupun umat Budha yang ada karena memiliki hati yang besar sehingga perayaan Waisaknya dapat tetap berjalan sampai selesai dengan baik. 

Singkat cerita dengan hujan yang sangat besar, semuanya basah kuyup kami semua mengikuti Perayaan Waisak sampai selesai, dan berakhir sekita jam 11 malam.

Oya, dalam postingan sebelumnya saya berencana melihat penyalaan 1000 lilin dan pelepasan 1000 lentera pada akhir Perayaan Waisak. Dan akhirnya GAGAL TOTAL!!

Yahhhhh.. tapi apa daya pawang hujan yang mungkin sudah berusaha semaksimal mungkin tetap kalah oleh kehebatan Tuhan.. hehehe.. iya ngga!? Kalau Tuhan bilang ujan sih yah tetep aja ujan, mau gimana juga...

Pukul 11 itu juga akhirnya kami semua pulang bersama-sama dengan yang lain. kebayang kan penuhnya kaya apa?

Emberrr.. penuhnyaaa minta ampun, dengan batre hp yang pada sekarat semua, kami mencoba telepon ke pak supir yang udah berapa kali ngga nyambung terus karena ngga ada sinyal, akhirnya nyambung juga dan diangkat dan akhirnya ketemu juga sama pak supir + mobilnya..

Di mobil, walau kedinginan karena keujanan... tapi karena capeee, kami semua tidur di jalan, dan baru sampai di hotel jam 2 pagi!!


INSIDEN DI HOTEL JAM 2 PAGI!!!
*eehh iya, ada yang mau diceritain juga nih.. begitu sampai di hotel, saya dan lele langsung masuk kamar donkkss.. ehhhh, tiba-tiba temen lele yang berdua itu kedengeran marah-marah... kenapa??
Ternyataaaaa.....
Kamar yang udah dia pesan di internet dan udah dibayar sepenuhnya, malah dikasih ke orang lain!! Bodohnyaaaa tuh hotel.. Gimana ngga marah donggg, mereka berdua malah jadi ngga kebagian kamar hotel!!
Alasan si pihak hotel sih katanya ada rombongan yang butuh 9 kamar, tapi hanya tersedia 8 kamar, dan dengan seenaknya kamar temen Lele itu malah dikasihin ke rombongan!!! GUBRAGGG!!!
Pegawai shift malam hotel yang katanya sih ngga tau apa-apa jelas minta maaf ke mereka berdua, dan mencoba menelepon hotel lain yang dengan harga sama, tapi ternyataaaa... yuppp betulll!!! Semua hotel penuhh.. gimana engga, jelas hari libur panjang + banyak orang yang merayakan waisak pun menginap di berbagai hotel di Yogyakarta..
Sampai akhirnya pihak hotel menawarkan rumah homestay, yang jelas mereka berdua yang semuanya perempuan ngga mau tinggal disana, dan memutuskan untuk tidur sekamar dengan kami dengan ranjang tambahan + pengembalian uang yang telah dibayarkan.
Cape dehhhh... walaupun saya sih ngga terlalu keberatan mereka tidur sekamar, tapi akhirnya kami semua tidur sekitar jam 3an.

2 comments:

  1. Kok gak diceritain yang waktu potograper ngalangin prosesi pradaksina sampe sang banthe ngomong kenceng minta pengertian mereka di mic? Trus waktu ada pengumuman ttg caara pelepasan 1000 lampion dbatalin, banyak yang minta refund ke tenda putih??

    ReplyDelete
  2. Sebagai bukan warga Budha yang mengikuti prosesi waisak di Borobudur pada waktu iu, bohong kalau mengganggap diri tidak mengganggu. Kami semua memang bikin penuh pelataran Candi (mohon maaf).
    Memang perjalanan mengikuti prosesi waisak di Borobudur kmr bnyk suka dukanya.. Ya, salah satunya lampion yg ga jadi terbang itu. Mana udah bayar lagi. Hehe.. Tp gpp lah, itu namanya pengalaman berharga.

    ReplyDelete