Monday, July 22, 2013

NAIK KERETA API TUT TUT TUTTT...







Pertama kali naik kereta ekonomi sendirian tuh rasanya dag dig dug gimanaa gitu.. haha..

-----

Kemarin saya berkesempatan lagi nihh buat pulang ke kampung halaman, Purwakarta.. Pada tau kann?
Hehe.. kalau belum tau saya jelasin dikit yah..
Purwakarta terletak sekitar 60KM dari Bandung, atau 74KM dari Jakarta.. Kalau ditempuh dengan mobil kalau dari/ke Bandung paling ±40 menit udah sampai kota Purwakarta (keluar gerbang tol Jatiluhur), atau kalau dari/ke Jakarta dalam kondisi jalan lancar 1,5 jam juga udah sampai kok (keluar gerbang tol Sadang). Hehe..
Bisa di bilang Purwakarta tuh kota yang cukup beruntung.. Kenapa? Karena ketika Bandung menyelenggarakan KTT Asia Afrika, Pemerintah Pusat berinisiatif untuk membangun jalan tol yang menghubungkan Jakarta-Bandung.. Hehe.. Udah pada tau kenapa beruntungnya? Yupp.. karena kota Purwakarta nyempil ditengah-tengah antara Kota Bandung dan Jakarta.. Jadi kebagian jalan tol dehh.. hehe..

Stop… Stoppp..
Kan rencananya mau cerita pengalaman ke Bandung naik Kereta Api yahhh.. Kenapa jadi ngomongin jalan tol.. hehe..
Tapi ngga apa-apa lah yah, kan buat nambah-nambah informasi juga, sekalian memperkenalkan kota Purwakarta tercinta.. Ciye ciye..

Oke dehh, kita kembali ke topik awal..

Diatas ngejelasin, katanya kalau ke Bandung naik mobil 40 menit udah sampai lagi.. terus ngapain dong naik Kereta Api? Hehe..
Iya juga sih kalau dipikir-pikir.. Tapi waktu itu, saya mikirnya kan pengen cari pengalaman baru.. haha.. Masa hare gene belom pernah nyobain naik KA Ekonomi.. :p
Alhasil, saya memberanikan diri dan memutuskan untuk mencobanya..
Biasa kan, kalau orang belum pernah nyoba, pasti takut dulu. Hehehe.. Tapi beruntung ada teman saya yang seorang masinis (namanya Acong). Jadi sebelum naik KA, saya cari-cari informasi dulu ke dia tentang segala macam yang saya khawatirkan kalau naik KA Ekonomi sendirian..
Waktu itu Acong sih bilang “Ngga usah takut, KA Ekonomi sekarang enak kok.. Udah ngga kaya dulu lagi.. lagian udah pake AC juga.”

Berhubung dia lebih berpengalaman dari saya (ya jelas lah yaa.. haha.. upss, sok-sok mau nyamain gitu.. :p), jadi saya lebih tenang dikit..

*KA Ekonomi kalau dari Purwakarta ke Bandung adanya 1 hari cuma 1 kali, yaitu jam 10.45..

Waktu itu saya sampai di Stasiun KA Purwakarta sekitar jam 10an.. Mikirnya biar ada waktu buat antri beli tiket, dan seengganya masih ada waktu lah buat duduk-duduk bentar.
Waktu mau masuk Stasiun ternyata ada bapak-bapak yang nungguin, saya kira masih musti bayar peron.. ternyata dia cuma mau ngasihin nomor antrian (kaya mau ke dokter gigi aja.. hihi..)
Setelah ambil nomor antrian barulah saya boleh membeli tiket.. yah bagus deh, sekarang beli tiket KA lebih teratur.
Sukurnya waktu beli tiket ngga ngantri sama sekali, jadinya lancarrr dehh.. 

Oya, waktu beli tiket saya ditanya mau kemana? Saya bilang aja mau ke stasiun Bandung Kota. Hehe..
*Coba tebak harganya berapa? Wewww…ternyata harganya cuma Rp.3.500 saja.. hahaha.. Murah banget yah (lebih murah dari harga 1 liter solar… iya ngga..).

Ngga lama setelah beli tiket ada satpam yang bilang kalau KA jurusan Bandung udah datang.
Langsung deh waktu itu saya menuju keretanya..

Waktu itu saya milih gerbong 7 alias paling belakang, soalnya saya pikir kalau paling belakang mungkin lebih sedikit orang yang pilih, karena gerbong belakang kan goyangannya kerasa banget kalau keretanya belok. Hehe..
Ternyata beneran aja, dari 64 banyak kursi yang disediakan, yang terisi paling 15 kursi.. hehe..
*ngomong-ngomong udah pada tau belom posisi tempat duduk KA Ekonomi sekarang? Begini nih bentuknya kalau sekarang..



Gimana? Enak kann? Yoii.. enak banget dehh, udah sepi, terus pake AC lagi.. Ademmm.. ngga sengsara n kayanya jangan dibandingin sama KA yang jaman dulu deh.. Bedaa..

*satu lagi, kalau ada hp yang keabisan baterai ada colokan juga kok.. hihi..


Pasti pada bingung, kok dari tadi muji-muji terus naik KA Ekonomi yahh.. terus apa dong kekurangannya?
Hahaha.. Pasti ada lah kekurangannya..
Lamaaaaa.. Perjalanan ke Bandung yang kalau ditempuh pake mobil cuma 40 menit, kalau pake KA Ekonomi waktunya adalah 2jam 15menit. Bukan cuma itu.. Namanya juga kan ekonomi.. jadi kalau kereta kita berpapasan dengan kereta lain yang ‘lebih tinggi pangkatnya’, jelas deh kereta ekonomi yang musti ngalah.. Maksudnya tunggu sampai yang eksekutif/bisnis lewat dulu, baru deh kita jalan lagi.. Hehe..
Satu lagi yang bikin KA Ekonomi tuh lama banget nyampenya, itu karena KA Ekonomi berenti di setiap stasiun yang dilewati.. (tapi jangan terlalu takut teman-teman.. setiap berenti ngga terlalu lama kok, paling 2-3 menit aja)

Yah maklum lah yah, bayarnya aja cuma Rp. 3.500, masa pengen cepet n minta lebih juga…

Eitsss tapi jangan salah.. perjalanan yang 2jam lebih itu ngga terlalu kerasa kok soalnya perjalanan naik Kereta dari Purwakarta-Bandung atau sebaliknya tuh udat terkenal dengan pemandangannya yang indah.. Beneran dehh.. liat aja nih foto-fotonya kalau ngga percaya..

 hamparan sawah yang membentang.. kerennn...



lembah dengan bukit-bukit dibelakangnya


wooww.. liat deh jembatannya..


Yaa… setelah melewati beragam pemandangan indah itu, ngga lama kemudian sampai deh saya di Bandung..
*kalau di Bandung, KA Ekonomi berenti di Stasiun KA Cimahi, Stasiun KA Kiaracondong dan Stasiun KA Bandung kota..

Perjalanan naik KA Ekonomi yang baru pertama kali saya coba ini, beneran asyik dehh.. Awalnya memang tegang, tapi ujungnya malah asyik banget karena nambah pengalaman n bisa liat-liat pemandangan yang bagus dengan cukup membayar biaya yang murah. Haha..

Pokoknya ngga kapok deh kalau naik KA Ekonomi 1, 2, 3 atau berapa kali lagi pun.. Lagian kan sekarang kalau naik mobil juga seringnya kena macet, kalau naik KA ngga ada macetnya dan seengganya menghindari kecelakaan di jalan raya. (Sekalian dukung pemerintah, supaya kalau pada mau melakukan perjalanan ngga cuma naik mobil atau motor aja, masih ada moda transportasi lain yang namanya Kereta Api).



2 comments:

  1. Pengen rasanya bisa pergi bekpekeran.. keren

    ReplyDelete
  2. kalau ada rencana pergi kemana, jangan ditunda-tunda.. hehe..Ayo pergisekarang! :p

    ReplyDelete