Sunday, December 29, 2013

Pulau Tidung : Kapal Kelotok Menuju Pulau Tidung







Pulau Tidung???

Awalnya sih saya ngga terlalu tahu juga tentang pulau yang satu ini. Pertama kali tahu tentang Pulau Tidung yaitu ketika saya mencoba cari-cari wisata yang asyik di seputaran Jakarta. Dan pilihan pertama waktu itu adalah Pulau Pramuka. Setelah googling di internet tentang paket wisata ke Pulau Pramuka, yang keluar malah kebanyakannya ya Pulau Tidung itu…

Liburan kali ini saya jalani bersama keluarga (besar), ada 14 orang yang ikut. Hehe.. Jadi berhubung wisatanya bareng keluarga, jadi waktu itu sebisa mungkin saya mencari paket perjalanan kesana (kalau sendiri sih backpackeran juga jadi.. hehe..).

Setelah googling sana sini akhirnya dapet juga paket perjalanan yang cukup murah dengan paket lengkap dan menarik. Pilihan itu jatuh pada Pulau Seribu Traveling, dimana saya dapet harga Rp. 475.000/orang untuk paket 3 hari 2 malam. Lumayan lah yaa..

Waktu itu setelah dp sebesar 20% untuk 14 orang.. Agak deg degan juga.. Walaupun paketnya bisa dibilang ngga terlalu murah, tapi berhubung saya sebagai ‘panitia jalan-jalan’ cemas banget.. Gimana kalau kena tipu dan perjalanan bersama keluarga besar malah jadi gagal total… Huuuhhh…

Yang bikin saya tambah cemas bukan cuma itu, waktu itu kami memutuskan keberangkatan kesana tanggal 24-26 Desember 2013, dan baru memesan paket sekitar 4 hari sebelumnya…

Haha.. Memang agak terlalu ambil risiko sihhh.. Tapi mau gimana lagi, banyak dari keluarga saya yang dengan waktu dekat-dekat hari Natal pun masih harus kerja. Jadi mumpung tanggal 25 Desembernya libur, kita memutuskan berlibur bersama.

Tik.. tok.. tik.. tokkk..

Sampai hari H, saya tetap baru bayar dp-nya aja… Dengan hati yang tetep cemas, saya dan keluarga berangkat ke Jakarta tanggal 23 Desember dan menginap di rumah di sana.

Singkat cerita tibalah saatnya kami semua berangkat menuju Muara Angke (Pelabuhan yang disepakati pihak travel untuk memulai perjalanan) pukul 04.00 kami berangkat dari rumah di Kelapa Gading. Walaupun masih dag dig dug, tapi sok sok optimis aja dehh.. Hahaha..

Pukul 05.00 kami sudah tiba di Muara Angke yang bau n kotor itu (*piss ya Pak Ahok.. Hehe..), disana sekitar pukul 05.45 datanglah orang travel yang kami tunggu-tunggu selama ini. Fiuhhh.. Ternyata ngga ditipu. (Maap yahhh Pulau Seribu Traveling, saya udah berprasangka buruk.. :P).

Waktu itu kami ketemu dengan orang travel itu ternyata sebentar bangettttt… Ternyata dia cuma antar kami semua untuk bertemu dengan ‘orang’ kapal, dah gitu dia pergi lagi. Tapi ga apa-apa lahh, yang penting berangkat. Hihi..

Naik menuju kapal pun menjadi seru karena ada ibu-ibu (mama n tante..) n anak kecil dari keluarga saya yang ikut, mana yang namanya ibu-ibu bawaannya buanyak buangett, termasuk makanan… Plus kami masing-masing bawa tas n kepentingan kami masing-masing.. Kami juga harus melewati 3 kapal yang terparkir untuk menuju kapal yang akan kami naiki. Tau kann kalau kapalnya tuh tinggi n ga bisa diem alias goyang-goyang aja.. Jasi agak serem gitu, takut jatuh.. Hyiiii…

*Ada yang bilang kalau mau naik kapal ke Pulau Tidung supaya ngga mabuk laut enaknya duduk di atas (Lantai 2) kapal.

Untungnya karena kami datang yang paling pagi, jadi bisa pilih-pilih tempat yang pewe untuk duduk disana. Wooowww.. Ternyata tuh kapal kaga ada tempat duduknya.. Hahaha.. Kami semua ngampar di lantai.

berasa jadi nelayan yang lagi nungguin ikan.. hahaha..


Okehh, kami sudah membatasi wilayah untuk duduk. Biar ga enak juga di enak-enakin aja..

Bukan cuma ngampar aja yang spesial di kapal itu, tapi juga Lantai 2 kapal tempat kami duduk tinggi atapnya cuma ±1,2m. OMG…. Kami semua ngga bisa berdiri, kalau mau jalan ke luar kapal dan sebagainya harus nunduk kaya orang Jepang. Hahaha..

Tapi sekali lagi, kami semua tabah banget waktu itu. Mama saya milih tidur di lantai kapal (betah kali yah.. haha..), saya, sepupu n kakak saya memilih bermain kartu sepanjang perjalanan (walaupun pantat berasa sakit banget).. Papa n tante memilih untuk ngobrol selama di kapal.

Kalau saya sih, main kartu terus bosen juga jadinya (secara, perjalanan dari Muara Angke ke Pulau Tidung memakan waktu sekitar 2,5 jam gitu lohhh..), jadi sesekali kalau bosen saya memilih keluar kapal buat cari-cari udara segar. *tapi sekedar tau aja, kalau kapal tuh akhirnya penuh banget nget nget.. Jadi kalau mau keluar musti permisi dulu sambil bungkuk-bungkuk (takut kejedot) kayak minta maap gitu, padahal ngga salah apa-apa. Hihi..

Oops.. Hampir kelupaan.. Sebenernya ada juga sih paket ke Pulau Tidung yang naik kapal feri.. Ada tempat duduk masing-masing (katanya sih ada AC juga), tapi harganya 2x lipat dari harga paket yang saya pilih, yaitu Rp. 925.000, itu pun di Pulau Tidungnya kata pihak travel paket lainnya sama persis.

*jadi buat yang mau kesana, bisa bijak-bijak sendiri aja mau pilih paket yang mana karena perbedaannya hanya ada di kapal.. Mau yang murah yah pantat sakit atau yang mahal dengan harga 2x lipat. Hehe..

Biasanya paket wisata ke Pulau Tidung isinya seperti ini :
Kapal PP
Penginapan AC+TV (Per Grup)
Sepeda selama 3 hari
Makan 3x sehari     
Snorkling
Camera underwater
Banana Boat dll 1x/orang
BBQ
Local Guide selama 3hari

Asuransi Jasa Raharja

No comments:

Post a Comment