Thursday, March 14, 2013

TAMAN HUTAN IR. H. DJUANDA, GOA BELANDA DAN GOA JEPANG

Perjalanan dari Lembang menuju kawasan wisata tersebut memakan waktu sekitar 30-40 menit. Berhubung kita berangkat ke Lembang pagi-pagi, jadi begitu kita turun ke kawasan Dago, jalanan terasa lancar (malah yang menuju Lembang macetttt abisss.. hahaha..).
Beneran aja, sekitar 40 menit kemudian, kita sudah sampai di kawasan Taman Hutan Ir. H. Djuanda. Disana kita harus beli karcis masuk seharga seharga Rp. 10.000/orang + biaya parkir Rp. 3.000/mobil. Hehe..ternyata sama lagi harganya dengan tiket masuk ke floating market.
Dari tempat parkir dekat kawasan taman hutan itu kita bisa langsung jalan menyusuri hutannya ke Goa Jepang. Jalannya ngga terlalu jauh ± 500m, kita sudah sampai di Goa Jepang.Disepanjang jalan di hutan, suasananya sangat teduh, kita juga bisa sambil foto-foto pemandangan hutan yang asri membuat perjalanan yang 500m itu seperti ngga berasa, lagi pula jalannannya pun sudah dibuatkan trotoar.
Begitu sampai di Goa Jepang, langsung deh ada emang-emang yang nawarin senter buat masuk ke dalem goanya.Yah, dipikir-pikir daripada didalem malah kesandung karena gelap, kita langsung mau aja ditawarin senter. Lagian harga sewa senternya cuma Rp. 2.500/senter… Dengan membawa senter kami langsung masuk ke dalam goa.. Eeehhhh.. begitu sampai di goa, malah datang lagi emang-emang nawarin jadi tour guide. Lagi-lagi, karena kita cewe berdua doing, kita mau aja deh ditemenin sama si emang.
*Jasa tour guide awalnya sih nawarin  Rp. 25.000, tapi akhirnya kita tawar jadi Rp. 10.000 saja.. hehe..
Di Goa Jepang, seruu.. Karena didalam goanya gelap banget, walaupun udah pake senter 3biji tetep aja ga cukup terang. Kondisi Goa Jepang menurut saya agak kurang terawat. Batu-batunya banyak yang copot, dan di salah satu ujung goa, kami melihat ada orang iseng yang mencoret-coret tembok goa. Capedehhhh… Padahal kan harusnya kita menjaga warisan sejarah Bangsa Indonseia, ini malah merusak!!
Goa Jepang ternyata tidak terlalu besar.Kita keliling-keliling sebentar, langsung menemukan pintu keluar goa 3.Oya sebelumnya mau kasi tau, kalau Goa Jepang memiliki pintu goa sebanyak 4 buah.Sebenarnya pintu goa ke-5 sudah digali, namun karena disana ditemukan mata air, maka pemnggaliannya tidak lagi dilanjutkan.
Dari Goa Jepang, saya dan Irma langsung menuju goa selanjutnya, yaitu Goa Belanda. Goa Belanda berjarak ±1km dari Goa Jepang, perjalanan menuju Goa Belanda kita semua melewati jalanan berupa sebagian trotoar batu tipis, sebagian lagi jalanan aspal. Jadi perjalanannya sudah tidak ada lagi yang berupa tanah. Karena kali ini perjalanannya lebih jauh, kita lumayan merasa lelah juga. Hehe.. Tapi lumayan lah sekalian olahraga…
Begitu sampai di mulut Goa Belanda, ngga lupa kita foto-foto dulu, sewa senter dan sewa jasa tour guide dengan harga yang sama. Ternyata Goa Belanda lebih luas dari Goa Jepang, selain lebih luas, Goa Belanda jauh lebih terawat disbanding Goa Jepang, hal ini karena semenjak Tahun 1970an, Goa Belanda sudah direnovasi sebanyak 3 kali, sedangkan Goa Jepang belum pernah direnovasi.
*Hasil renovasinya begitu terasa. Dinding dan atap Goa Belanda dicat putih, dengan lantai yang sudah disemen ulang, sedangkan Goa Jepang masih berupa batu-batu pahatan yang tidak beraturan, sehingga Goa Belanda terasa tidak telalu menyeramkan (tapi tetep aja kalau ditinggalin sendiri sih bakalan nangis goak-goak.. Hihi…).

Didalam Goa Belanda pertama kami menuju kearah kanan disana Bapak tour guide menunjukkan ada 9 buah lobang menuju arah tengah goa. Begitu sampai di lobang ke 9, kita putar balik dan belok kanan di lobang ke-6, disana kita melewati tengah goa dan menuju goa paling kiri, yang ternyata mentok di lobang ke 6.
Di lobang paling depan di sayap kiri Goa Belanda kita ditunjukkan penjara didalam goa yang lumayan horor.. Hehe.. gimana ngga, saya tanya “Pak, knya ditutup kalau pintu penjaranya ditutup pakai jeruji bisaa kan?” Bapaknya bilang “Ngga neng, ini ditutup pakai pintu besi yang berupa lembaran.” Heee..gilee, kejam banget yah, padahal kan itu di dalam goa pasti pengap banget.

Dari Goa Belanda, kita berdua langsung menuju keluar, kembali ke Taman Hutan Djuanda. Ternyataaa… cape bangettt, jalanannya nanjak terussss.. Ooohhh ternyata dari awal datang, kami ngga ngerasa cape karena jalanannya turun. Begitu balik, jalanannya nanjak. Saya dan Irma yang ngga biasa olahraga langsung kecapean. Hahahaha..

Selesai dari Taman Hutan Djuanda, Goa Belanda, Goa Jepang, waktu sudah menunjukkan pukul 15.30, ngga kerasa perut udah minta diisi lagi. Hehe.. Jadi langsung deh kita berdua menuju Restoran Sushi Den yang beralamat di Jalan Hariangbanga.

Makan sushi disana sampai pukul 16.30, terus kita langsung deh pulang dengan hati yang senang, bukan hanya karena saya main-main saja, tapi juga senang karena kami berdua dapat berkumpul kembali dan merayakan waktu yang menyenangkan bersama-sama.

Sekian dulu yahh, cerita saya tentang perjalanan ke Lembang dan Taman Hutan Ir. H. Djuanda, Goa Jepang sama Goa Belanda.. Nanti pasti bakalan saya update terus tentang perjalanan saya yang lainnya, tentu dengan cerita yang ngga kalah seru dan menyenangkan...