Wednesday, January 8, 2014

Hari 1 : Sukabumi, Asyiknya Arung Jeram Donggg..

4 Jeram Seru di Sungai Citatih

Sesuai janji, ceritanya dilanjut yaa..
Masih bersama dengan teman saya dari Kota Ende (Jackson) yang sedang datang ke kota kelahirannya di Purwakarta.
Berhubung dia sudah lebih dari  5 tahun ngga pulang kampung, maka saatnya pulang kampung seperti sekarang ini pengennya dipuas-puasin buat kumpul dengan keluarganya dan main bersama teman-teman lamanya. Intinya reunian lah.. Hehe..
Sebelumnya ketika saya berkunjung ke Bali, saya menghubungi Jackson untuk menemani saya dan teman berkeliling disana. Kali ini giliran saya menemani dia buat berwisata di seputaran Bandung dan sekitarnya.

Kalau hari pertama saya dan Jasckson pergi ke kawah putih, di hari kedua Jackson meninta saya untuk menemaninya pergi ke Pangandaran. Tapi ngga jadi! Hehe..

Ngga jadi pergi ke Pangandaran karena kami mikirnya dengan perjalanan yang jauh dan kami hanya menginap semalam saja bseok paginya sudah harus kembali lagi ke Bandung reasanya terlalu lelah.. Jadinya kami memutuskan untuk memilih tempat wisata yang walaupun jauh, tapi terdapat beberapa lokasi wisata yang bisa kami kunjungi hanya dengan waktu 2 hari saja.

Akhirnya kami memutuskan untuk pergi ke Sukabumi. Karena disana setahu saya terdapat Pantai Pelabuhan Ratu, arung jeram di Sungai Citarik, mencoba parasailing di Lido atau Puncak, atau bisa juga ke Taman Safari dan/atau Taman Bunga Mekarsari. Banyak banget dehh pilihannya..
Ke Sukabumi ngga mungkin saya berangkat berdua saja dengan Jackson, jadinya saya memutuskan untuk mengajak Iis buat ikut.
Kami berangkat hari Jumat tanggal 2 Januari 2014 kemarin.. Berangkatnya lumayan pagi, sekitar jam 06.00 kami sudah berangkat dari rumah. Jalanan pastinya lancar banget kalau pagi-pagi.

Sekitar jam 8 kami sudah tiba di Cianjur. Rencananya kami mau makan di RM. Sederhana di sana, tapi sayang banget RM itu baru buka jam 09.30, jadinya kami memilih untuk tidak makan di Cianjur karena takutnya terlalu siang buat sampai ke Sukabumi.

Lanjutttt…
Sampai di Kota Sukabumi sih 1,5 jam sampai.. Ngga terlalu jauh deh dari Cianjur.

Begitu masuk Kota Sukabumi, kami melihat tanda belok ke kiri untuk menuju Pelabuhan Ratu, tentu saja kita langsung belok kiri dongg.. Sebagai orang yang ga tau jalan, begitu ada papan petunjuk jalan rasanya seperti ada malaikat penolong.  *lebayyy
Okeee perjalanan berlanjut..
Tapi makin lama kok jalannya kayak ngga sampe-sampe yahh.. Kerasanya malah makin jauh, mana jalannya jelek banget lagi.. Bolong dimana-mana!
*Oya, rencananya di Sukabumi kami mau ikut arung jeram di Sungai Citarik dan lanjut ke Pantai Pelabuhan Ratu.
Yang parahnya disana lagi… Setiap ditanya kemana arah untuk ke Sungai Citarik, jawabannya pasti ngga tau.. OMG! Kok bisa yahh?!

Singkat cerita, kami keluar dari jalan bolong itu kurang lebih dalam waktu 1 jam.. Parah beuttt dehh..
Belok kiri dari jalan itu, ternyataaa.. Masih kota Sukabumi donkssss..

Selidik punya selidik ternyata jalan yang kami lewati waktu itu adalah jalan alternatif. Jalannya melingkar..  Hyiiii.. Ngga mau deh lewat situ lagi.. Hehe..

Setelah sekitar 3 jam perjalanan dari jalur alternatif akhirnya kami menemukan sebuah tempat arung jeram pertama. Namanya Niagara..
*Tempat arung jeram yang kami temui ini ternyata bukan terletak di Sungai Citarik, tapi di Sungai Citatih, Cimandiri.. Lokasi arung jeram Citarik ternyata masuh lumayan jauh dari sana..

Ternyata di Niagara sudah penuh banget sama rombongan yang mau melakukan arung jeram.. Mereka semua sedang makan siang dan kebetulan semua petugas di Niagara sedang melakukan ibadah sholat Jumat. Yaa.. Rasanya bingung banget waktu itu..
Padahal udah seneng banget menemukan tempat mendaftar untuk berarung jeram..

Akhirnya daripada menunggu terlalu lama di Niagara, setelah tanya-tanya ke orang yang ada disana, ternyata setelah Niagara masih ada lagi yang lain.

Lanjut deh.. Saya, Jackson dan Iis melanjutkan perjalanan ke lokasi berikutnya.. Dann ketemu.. Namanya Riam Jeram. Disana ternyata tempatnya sepi banget. Begitu kami bertanya ke petugas yang ada disana mereka tidak bersedia membawa kami berarung jeram, alasannya karena kami hanya berdua saja (Saya dan Jackson.. Kalau Iis sih takut sama air.. Hehe..) yang akan berarung jeram. Sedangkan mereka mau jalan kalau dalam 1 rombongan ada 4orang.

Sayang sekaliiii…

Akhirnya kami datang ke satu-satunya harapan kami, yaitu Cherokee Advanture. Disana sudah ada 2 rombongan yang menunggu untuk melakukan arung jeram.  Disana juga ada petugas yang menunggu dan siap melayani kami. Setelah bertanya.. Ternyata merekapun sebenarnya tidak mengijinkan saya dan Jackson mendaftar arung jeram.

Ternyata mereka semua memiliki aturan yang sama, yaitu jika ada 4 orang dalam 1 rombongan baru bisa berangkat berarung jeram.

Okeee.. Waktu itu saya udah mikir rencana berarung jeram batal. Huaaa..

Setelah para petugas berdiskusi cukup lama, woooww.. angin segar datang!

Tidak tahu apa alasannya, tiba-tiba mereka mengijinkan kami ikut arung jeram walau hanya berdua saja.

Langsung saja setelah diijinkan saya dan Jackson membayar biayanya Rp. 275.000/orang. Sipp.. Pembayaran selesai, kamipun akhirnya diminta untuk naik mobil pick up yang sudah dimodifikasi bagian belakangnya (jadi bertenda dan memiliki tempat duduk seperti angkot) untuk berangkat langsung dari meeting point ke kantor Cherokee Advanture yang berada tidak jauh dari lokasi penurunan perahu.
Ternyata perjalanan dari meeting point ke kantor itu Huaaaa…  JALANNYA JELEK BUANGETTTTT!! PARAH!
Perjalanan kesana melewati bebatuan yang besar dengan jalan terjal, ada tanjakan dan turunan.. Wahh.. Buat temen-temen yang mau kesana siap-siap pantat aja dehh yaa..
Butuh waktu sekitar 25 menit buat sampai lokasi. Dijamin pegel..
Akhirnya kami diijinkan buat duduk-duduk dulu bentar…

Ngga lama..

Datanglah seorang petugas yang menghampiri kami. OMG!! Kabar buruk…
Ternyata petugas itu bilang kalau dia mendapatkan peringatan dari pihak manajemen karena mengijinkan kami berdua untuk ikut arung jeram disana.
Wahh.. Ngga bener nihh.. Masa kita yang sudah bayar, melewati jalanan jelek itu selama 25 menit, sesampainya disana ternyata kami hanya mendapatkan harapan palsu saja..
Tidak adil..

Setelah berdiskusi lamaaaaa dan 2 rombongan lain sudah siap berangkat dan meninggalkan kami semua.. Tidak tahu juga kenapa lagi alasannya, akhirnya petugas tersebut kembali mengijinkan kami untuk berarung jeram.
Horeee..

Akhirnya kami pun bersiap-siap untuk menggunakan baju pelampung, helm serta membawa dayung.

Yeaahhhhh.. Penantian selama ini akhirnya menjadi kenyataan..

Dari perhentian tadi ternyata untuk menuju Sungai Citatih masih perlu naik mobil lagi. Sekitar 8 menit menggunakan mobil baru akhirnya sampai..
Sambil menunggu para petugas mempersiapkan perahu yang akan kami naiki, saya pun kembali mempersiapkan diri dan mental buat ikut berarung jeram. Rasanya nggak sabar, agak tegang sekaligus bersemangat.. Kayak permen nano-nano dehh.. Hihi..

* Ternyata kami (Saya dan Jackson) menaiki perahu tersendiri (ngga digabung dengan 2 rombongan yang lain).. Wowww.. Asyik banget.. Di perahu kami cuma ada saya, Jackson, 2 orang petugas rescue dan seorang pengendali perahu. Mantaffff..

Oke dehh perahu siap di tepi sungai dan kami pun langsung menaiki perahu, berdoa, briefing singkat dan jalannnnn..

Pada arung jeram ini, saya mengambil paket 9 km, dan memerlukan waktu ±2jam.. Disana kami melewati 4 buah jeram besar.. Wuuiiihhh.. Asyik banget dehh..
Seperti ini nih jeram-jeramnya…

Ternyata ada waktu istirahat setelah kami melewati 2 jeram pertama (setengah perjalanan).. Lumayan lah bisa duduk-duduk bentar, dan sambil istirahat kami bisa makan camilan berupa wafer yang dibawa petugas rescue disana.. Sippp dehh..

Lanjut dayung lagiiii.. Asyikkkk..

Sampai akhirnya kami tiba di jeram ke-3 yang katanya jeram terbesar dari 4 jeram yang kami lewati.. Wowww.. Dag dig dug juga jadinya.. Mendekati jeram tersebut tiba-tiba seroang rescue berkata kanan pindah kiri.. Ooww mendengar itu, saya langsung saja pindah ke tengah sesuai perintah.. Ternyata hal itu dilakukan supaya perahunya ngga tenggelam ..
Di jeram ke-3 ini ternyata arusnya memang kencang.. Tapi malah bikin makin seru dan asyikkk..

Setelah melewati jeram terakhir.. Hahaha.. Perahunya digulingin.. Kaget! Soalnya tiba-tiba, tapi asyikk banget dehh.

Walaupun di tengah proses menuju berarung jeram, kami hampir ngga jadi.. Tapi akhirnya penantian kami ngga sia-sia, soalnya kan berarung jeram menjadi salah satu obsesi saya. Hehe..

*Oya makasih yah iis udah nungguin kita berdua arung jeram. Lumayan lama lagii.. Hehe.. Lama soalnya nungguin kita dipijat dulu di sana. Thanks juga Cherokee Advanture, satu-satunya tempat arung jeram di Sungai Citatih yang menyediakan layanan pijat gratis..