Sunday, January 5, 2014

Putihnya Air di Kawah Putih

Liburan kali ini saya bukan hanya berkunjung ke Pulau Tidung saja lohh.. Pada tanggal 2 Januari 2014, saya juga berkesempatan untuk berwisata lagi. Kali ini karena ada teman saya yang datang dari Kota Ende (NTT). Tentu saja, saya dengan senang hati menemani dia untuk berwisata di Jawa Barat.

Saya dan Jackson

Kunjungan wisata pertama yang saya datangi bersama Jackson teman saya itu adalah mengunjungi tempat wisata terkenal di Bandung. Walaupun tempat wisata ini arahnya berlawanan dengan lokasi wisata lain di Jawa Barat, tapi tempat wisata ini tidak kalah terkenal dengan tempat wisata lainnya di Jawa Barat, seperti Tangkuban Perahu, Ciater atau wisata belanja Cihampelas.

Tempat wisata itu adalah kawasan wisata alam Kawah Putih.

* Selanjutnya masih ada tempat wisata lain yang juga kami kunjugi kok.. jadi jangan takut ceritanya keburu habis yaa.. Hehe..

Perlu waktu sekitar 2,5 jam buat sampai kawasan wisata alam Kawah Putih.. Menuju kesana kurang lebih kita harus melewati daerah Kopo dan Soreang, baru deh sampe (Kedengerannya sih deket..), tapi  kalau dibandingkan dengan perjalanan ke Jakarta dari Bandung yang butuh waktu kira-kira sama dengan perjalanan dari rumah saya (daerah Leuwi Panjang) ke Kawah Putih, tapi buat menuju Kawah Putih, rasanya tuh bedaaaa banget..

Iya lahh beda.. Kalau ke Jakarta kan perjalanannya melewati jalan bebas hambatan alias tol, sedangkan kalau menuju ke Kawah Putih perjalanannya melewati jalanan Kabupaten yang kadang macet banget.. Selepas itu kita bakalan melewati jalanan yang berliku-liku dan super puanjangg dan lamaa… Tapi untungnya jalanan menuju kawasan wisata Kawah Putih sekarang udah mulus, dan sangat sedikit jalan berlubang.

Cape sihhh.. tapi ngga seberapa lah capenya daripada Pak Supir yang membawa kami kesana. Hehe..

Sesampainya di kawasan wisata Kawah Putih, tentunya kita harus melewati loket untuk membeli tiket masuk Kawasan. Buat info aja.. Ternyata harga tiket masuk kawasan itu ngga murah juga lohh.. Hehe.. Memang sih harga tiket untuk dewasa hanya Rp. 15.000, tapi untuk membawa mobil ke atas (mendekati) kawahnya kita harus bayar lagi Rp. 150.000 untuk biaya pemeliharaan lingkungan.

*Sebenernya bisa juga sih pakai mobil wisata yang disediakan pihak kawasan wisata Kawah Putih, dengan membayar tiket masuk per orang dan biaya mobil Rp. 28.000/orang *mobil baru jalan setelah terisi 12 orang wisatawan.

Kalau saya sih rasanya sayang juga kalau udah pake mobil pribadi sampai kesana, tapi untuk mendekati kawasan wisata kita malah harus ikutan angkutan wisata lagi. Masalahnya bukannya ngga mau ikut berbaur dengan wisatawan lain.. Tapi waktu kita lihat, ternyata buat ikut mobil wisata tuh ngantrinya panjang bangettt.. Jadinya kita putuskan untuk membawa mobil keatas dan dengan rela hati membayar ongkos mobil yang muahal itu. Hehe..

Perjalanan ke atas untuk mendekati Kawah Putih itu ternyata cukup jauh juga.. Perlu waktu sekitar 30 menit (5 km) jalanan yang menanjak dan berliku-liku buat sampai kesana. Tapi asyik banget kok.. soalnya pemandangannya asri, banyak pohon-pohon yang bikin mata kita jadi seger. Hehe..

Sesampainya disana saya melihat pemandangan yang sanagt berbeda dengan Kawah Putih yang pernah saya datangi dulu.. Wooww.. Ternyata parkiran Kawah Putih sekarang udah beda banget.. Lebih bersih, rapi, luas dan teratur banget deh sekarang.. Ngga ada lagi pedagang kaki lima dan tukang jualan yang berkeliaran lagi.

Karena itu juga saya terkaget-kaget.. Kami yang lapar dan berencana mau makan dulu di sekitaran area parkir sebelum masuk Kawah Putih, jadi ngga bisa makan.. Saking bersihnya, sampe tukang jualan camilan apapun sekarang udah ngga ada lagi.

Tapi ngga apa-apa dehh.. Tahan bentar dulu aja dehh dan langsung lanjut ke lokasi.

Perjalanan dari parkiran ke lokasi wisata ngga terlalu jauh.. Paling 200an meter udah sampai.
Walaupun sudah beberapa kali datang ke Kawah Putih, tapi saya ngga pernah bosan. Pemandangan alamnya memang luar biasa. Indah banget!!

Namanya Kawah Putih memang ngga bohong.. Air di kawahnya memang berwarna putih.. sampai-sampai bebatuan dan pasir yang ada disana pun warnanya putih. Kerennnn..
Liat aja fotonya kalau ngga percaya..

bagus banget yahh..

*Oya.. Kita ngga boleh berada terlalu lama di lokasi wisata Kawah Putih itu, katanya sih kandungan belerang yang ada disana berbahaya kalau dihirup terlalu lama. Maksimalnya 15 menit saja. Jadi setiap 15 menit, bakalan ada pengumuman berkumandang di seputaran lokasi kawah putih.

Kawah Putih memang bagus.. tapi bener aja, sekitar 15 menit rasanya kami sudah tidak tahan berada disana.. Rasanya pengen batuk-batuk terus.. mungkin karena hawa belerangnya terhirup ketika bernafas dan berbicara kali yahh..

Dari sana, kami langsung turun lagi mendekati lokasi loket berada. Ternyata untuk menuju pintu keluar kita langsung diarahkan ke wisata belanja dan rumah makan yang sangat banyak tersebar. Di sana saya langsung berpikir.. Ooohhh.. Ternyata pedagang kaki lima dan penjual-penjual yang biasanya ada di atas dipindahkan ke bawah. Bagus juga tuh idenya..
Lagipula kita mau tak mau harus melewati kawasan belanja itu. Hebatt..

Pastinya begitu melewati banyaknya tempat makan disana, kami langsung memarkirkan mobil untuk makan dan beristirahat sebentar. Disana saya dan Jackson makan nasi soto, sedangkan Pak Dadan (Pak Supir) memilih makan bakso. Masing-masing makanan harganya sama Rp. 12.000. Harga makanannya standar lah yaa buat  lokasi wisata sihh..

Sippp deh perut udah kenyang, kami juga udah cukup istirahat, jadinya kami langsung turun gunung menuju kota. Ternyata mobil yang menuju kawah putih lebih banyak daripada yang kami lewati ketika kami pergi. Hahaha.. Untung aja kita semua berangkat pagi-pagi.. Jam 10an kami sudah berangkat dari Bandung dan sekitar jam 16.00 kami sudah kembali di Bandung.

Dari Kawah Putih Jackson meminta saya untuk mengantarnya ke Kampung Gajah… OMG.. Jauhhh buangettt gitu lohh.. Tapi apa sih yang ngga buat temen yang udah jauh-jauh datang dari Ende. Oke dehh.. Meluncurr.. Dengan harapan pukul 16.30 kami sudah sampai di Kampung Gajah dan Jackson yang ngebet naik flying fox masih sempat mencoba.. Tapi sayang banget, sampai sana hampir semua tempat makan sudah tutup.. Apalagi permainannya.. Tutup semua! Sayang banget deh sebenernya.. Tapi apa mau dikata, waktunya memang mepet banget.

Dari Kampung Gajah kami melanjutkan perjalanan untuk bertemu dengan teman yang lain.. Yaitu Irma.. Pada tau kannn.. Hehe.. (Kalau belum tau baca ini yaa..). Saya, Irma dan Jackson adalah teman lama.. kami semua sudah berteman sejak kami masih duduk di bangku TK sampai SMP di Yos Sudarso Purwakarta.

Kami semua waktu itu pergi sama-sama untuk sekedar ngobrol dan makan.. akhirnya kami memutuskan untuk makan surabi di warung surabi Abah ENHAII. Walaupun pelayanannya super duper lama dan keteteran banget, tapi surabinya uenak bangettt.. Hehe..

Kami baru beres makan surabi Pukul 23.00 dan kembali ke rumah masing-masing. Kecuali Jackson, dia menginap di POP Hotel Bandung.

Jangan sedih dulu yah teman-teman, karena saya belum berpisah disana dengan Jackson teman saya itu, masih ada perjalanan seru dan menarik lainnya kok.. Makanya baca terus Let’s Get Lost yaa..